Wali Kota Kendari Resmi Launching Program Pendataan Keluarga 2021

  • Whatsapp
Wali Kota Kendari
Launching program pendataan keluarga oleh Wali Kota Kendari, Sulkarnain bersama BKKBN Kota Kendari, Rabu (1/4/2021) Foto. Isra Waode/metrokendari.id
hotel venus kendari

Kendari – Pendataan keluarga tahun 2021 tingkat Kota Kendari resmi di launching oleh Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir di Rujab Wali Kota, Kamis (1/4/2021).

Pendataan Keluarga tersebut dilakukan secara nasional di seluruh Indonesia mulai tanggal 1 April sampai dengan 31 Mei 2021 yang di gelar satu kali dalam 5 tahun.

Bacaan Lainnya

Plt Kadis Pengendalian Duk dan KB Kota Kendari, Rusnani mengatakan pendataan keluarga ini adalah mengumpulkan data warga yang nanti akan menjadi dasar untuk menyediakan kebutuhan keluarga yaitu mulai dari perencanaan sampai dengan program pembangunan keluarganya.

“Jadi, itu dasarnya. Di data keluarga ini bukan hanya mendata orang per orang tetapi didata juga mengenai di dalam keluarga itu mungkin ada masalah keharmonisan rumah tangga dan mengantisipasi jarak kelahirannya dia menggunakan apa,” ujarnya.

Rusnani menjelaskan, kader pendata yang akan berkunjung ke setiap rumah warga adalah tim penyuluh lapangan keluarga berencana dan kader data yang ada di Kecamatan yang sudah di orientasi oleh BKKBN.

“Jadi, dimasing-masing Kecamatan, Kelurahan, Rt, Rw nya itu sudah ada kader pendata masing-masing”, terangnya.

Lebih lanjut, dikatakan Rusnani, proses pendataan akan dilakukan menggunakan smartphone melalui aplikasi yang telah di sediakan oleh BKKBN.

“Setelah diwawancara langsung terdata dan langsung terkirim ke pusat. Jadi, tidak seperti manual lagi. Kecuali di Kabupaten ada yang manual dan ada juga yang pake smartphone”, imbuhnya.

Untuk itu, Rusnani mengimbau kepada masyarakat agar melayani kader-kader pendata dengan baik dan memberikan data yang akurat, agar bisa digunakan sebagai dasar untuk menyusun program dan perencanaan pembangunan keluarga.

Laporan. Isra Waode