Wali Kota Kendari Dorong Bapopsi Aktiv Membina Atlet Pelajar Berprestasi

  • Whatsapp
Wali Kota Kendari
Wali Kota Kendari buka pengukuhan personalia pengurus Bapopsi Kendari, pada Rabu (28/4/2021) Foto. Isra Waode/metrokendari.id
hotel venus kendari

Kendari – Guna mengembangkan dan meningkatkan prestasi olahraga bagi pelajar di Kota Kendari, Badan Pembina Olahraga Pelajar Seluruh Indonesia (Bapopsi) Kota Kendari menggelar pengukuhan personalia pengurus yang dibuka dan diarahkan langsung oleh Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir di Aula Dinas Pendidikan Kepemudaan dan olahraga Kota Kendari, Rabu (28/4/2021).

“Pelaksanaan pengukuhan yang dirangkaikan dengan rapat kerja ini menjadi momen yang baik bagi Bapopsi Kota Kendari untuk mengurai sebuah kebijakan, strategi, dan langkah dalam rangka pembinaan, pengembangan dan peningkatan prestasi olahraga pelajar. Tentu saja, berbagai kebijakan, strategi, dan langkah yang di maksudkan untuk menjawab permasalahan olahraga pelajar yang harus segera diurai, ditindak lanjuti dan dilakukan oleh Bapopsi Kota Kendari,” ujarnya.

Bacaan Lainnya

Sulkarnain mengatakan, upaya untuk memastikan agar eksistensi berikut peran-peran strategis Bapopsi dalam pembinaan, pengembangan dan peningkatan prestasi olahraga pelajar di Kota Kendari, menjadi terlihat lebih jelas dan optimal serta lebih dirasakan oleh masyarakat.

Dengan usaha dan dukungan agar kegiatan olahraga pelajar benar-benar mampu memberikan dukungan bagi atlet-atlet yang berprestasi, lingkungan pendidikan bisa menjadi ajang pembinaan atlet yang berprestasi.

“Hal ini sering menjadi tantangan seiring adanya harapan agar kegiatan olahraga pelajar benar-benar mampu memberikan dukungan bagi usaha melahirkan atlet-atlet berbakat dan berprestasi. Kita perlu berusaha agar lingkungan pendidikan bisa menjadi ajang pembinaan untuk bisa melahirkan calon atlet, dan karena itu pelajar olahraga di setiap sekolah dan madrasah, perlu di perluas maknanya menjadi bagian dari usaha kita meningkatkan kualitas olahraga pelajar. Olahraga di kalangan pelajar berorientasi pada usaha meningkatkan prestasi olahraga pada umumnya,” terangnya.

Menurut Sulkarnain, ada baiknya Bapopsi Kendari lebih proaktif melakukan pembinaan olahraga kepada pelajar serta meningkatkan kerja sama, baik dengan sekolah maupun madrasah dalam pembinaan olah raga terhadap pelajar.

Orang nomor satu di Kota Kendari itu berharap, jajaran pengurus Bapopsi selalu melakukan kordinasi yang baik dengan stakeholder terkait, yaitu kepada Koni Kota Kendari sebagai induk organisasi olahraga profesional, dinas pendidikan dan kebudayaan Sulawesi Tenggara selaku penanggung jawab SMA dan SMK, Kementrian Agama Kota Kendari sebagai penanggung jawab madrasah serta penanggung jawab lainya.

“Melalui koordinasi tersebut, saya meyakini langkah-langkah pembinaan atlet-atlet muda akan lebih terarah, terpadi, dan Insha Allah akan menghasilkan ruang prestasi yang lebih baik,” pungkasnya.