Wajib Diketahui, Ini Syarat Penerbangan di Bandara Haluoleo Kendari

  • Whatsapp
Syarat Penerbangan
Bandara Haluoleo Kendari

Kendari – Sejak terjadinya penurunan angka penyebaran kasus Covid-19, syarat penerbangan domestik dari Bandara HaluOleo Kendari kini lebih mudah.

Jika sebelumnya para calon penumpang pesawat harus membawa hasil tes PCR sebagai syarat penerbangan, kini kini sudah bisa hanya dengan swab antigen.

Bacaan Lainnya

Namun demikian, swab antigen itu hanya berlaku untuk calon penumpang yang telah memenuhi vaksin lengkap atau tahap dua. Sebaliknya, jika hanya baru vaksin satu, maka calon penumpang wajib melampirkan hasil tes PCR sebagai syarat utama.

Untuk mempermudah pengecekan riwayat dan sertifikat vaksin, dapat diakses melalui website peduliolindungi.id. Untuk dapat mengakses situs tersebut, harus mencantumkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan nama lengkap.

Cara Cek Penerima Vaksin Covid-19

Calon penerima vaksin Covid-19 akan mendapatkan short message service (SMS) dari Peduli Covid. Selanjutnya, penerima akan diarahkan untuk melakukan registrasi ulang secara elektronik melalui aplikasi PeduliLindungi, website PeduliLindungi, dan melakukan panggilan ke *119#.

Bagi warga yang telah menerima SMS dan masuk dalam kategori prioritas pertama penerima vaksin dapat mengecek status penerima vaksin melalui situs pedulilindungi.id. Berikut tata caranya:

  1. Pada halaman utama situs tersebut akan tampil menu utama dengan tulisan “Periksa status NIK Anda (saat ini khusus Tenaga Kesehatan) dalam program vaksinasi di sini”
  2. Kemudian pilih “Periksa”.
  3. Masukkan nomor NIK yang tertera pada KTP Anda
  4. Masukkan kode captcha yang tersedia
  5. Klik “Selanjutnya”

Baca Juga : Polisi Selidiki Surat PCR Palsu yang Dipakai Mahasiswa di Bandara Haluoleo Kendari

Apabila Anda telah terdaftar, maka muncul pemberitahuan: “Selamat Anda dengan NIK (nomor NIK Anda) terpilih sebagai calon penerima vaksinasi COVID-19 GRATIS. Vaksin ini aman dan efektif melindungi Anda dan keluarga Anda dari virus COVID-19”

Namun, apabila belum termasuk dalam prioritas penerima vaksin maka akan muncul pemberitahuan: “Mohon maaf, Anda dengan NIK (nomor NIK Anda) saat ini BELUM termasuk calon penerima vaksinasi COVID-19 GRATIS pada periode ini”.