Uni Eropa Dorong Agar Pembesut Android Berikan Update OS Sampai 5 Tahun

Uni Eropa
Tampilan Android

METROKENDARI.ID – Ekosistem Android secara keseluruhan terus berbenah. Salah satunya dengan memberikan dukungan update lebih panjang dan pembaruan lebih cepat.

Namun hal ini dirasa masih kurang memuaskan bagi anggota parlemen Uni Eropa. Pasalnya, kini Uni Eropa mendorong standar baru bagi Android, di mana, mereka meminta vendor perangkat memberikan dukungan update OS Android lebih panjang bagi perangkat.

Hal ini seperti yang ditawarkan oleh Google pada Pixel 6. Di mana, perangkat tersebut dijanjikan mendapatkan update hingga lima tahun.

Mengutip 9to5Google, Rabu (8/9/2022), saat ini di parlemen Uni Eropa telah dibahas rancangan aturan yang menetapkan persyaratan desain ramah lingkungan untuk smartphone hingga tablet.

Inspirasi adanya regulasi itu berasal dari cepat tertinggalnya sebuah smartphone dan perangkat sejenis. Hal tersebut berujung pada e-waste alias limbah elektronik yang makin banyak dari tahun ke tahun.

Menurut Komisi UE, memperpanjang umur perangkat dari 2 menjadi 3 tahun dan 5 tahun dukungan update patch keamanan akan sama dengan menghilangkan setidaknya 5 juta mobil dari jalanan. Bagaimana regulasi ini bakal bekerja?

Menurut laporan, pertama adalah dengan menetapkan jangka waktu minimum untuk update software.

Nah, para anggota parlemen di Eropa tampaknya ingin agar HP Android mendapatkan 3 tahun pembaruan OS.

Misalnya Android 13, 14, dan lain-lain. Selain itu juga mereka berharap Android akan mendapatkan lima tahun update patch keamanan, setidaknya untuk perangkat yang dijual di Uni Eropa.