Tuntut Perbaikan Jalan, Aliansi Mahasiswa Butur Demo Kantor DPRD Sultra

  • Whatsapp
Ketgam. Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Butur saat menggelar unjuk rasa didepan kantor DPRD Provinsi Sultra.

Kendari – Puluhan massa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Buton Utara menggelar aksi unjuk rasa di depan Kantor DPRD Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Kamis (25/11/2021).

Dalam unjuk rasa tersebut, mahasiswa terlihat ngotot ingin bertemu dengan Ketua DPRD Sultra, Abdurrahman Saleh untuk menyampaikan aspirasinya secara langsung.

Bacaan Lainnya

Berdasarkan pantauan media ini, sekitar pukul 11.30 Wita, protes mahasiswa diwarnai dengan aksi membakar ban.

Bahkan beberapa kali para pengunjuk rasa mengeluarkan statement akan memblokade jalan jika kehadiran mereka tidak disahuti.

Sementara itu, Kordinator lapangan aksi Darlan dalam orasinya mengungkapkan jika pihaknya sangat geram dengan kondisi jalan rusak parah di Butur yang hingga kini belum mendapat perbaikan dari pemerintah yang berwenang.

“Masyarakat selama ini hanya mendapat janji politik. Setiap hari mereka mengeluhkan kondisi jalan rusak namun belum mendapat perhatian dari pemerintah dan pemangku kebijakan lainya. Akibatnya, mobilitas ekonomi masyarakat sangat terganggu,” terangnya.

Lebih lanjut, pihaknya juga mengaku telah mencatat bahwa jalan rusak provinsi di Butur membentang sepanjang 122.6 km. Dari total tersebut, jalan dalam kondisi baik terdapat 42 km, rusak ringan 2 km dan rusak berat 78.6 km.

“Berdasarkan data yang berhasil di himpun, dengan dominannya jalan rusak berat, maka kami berkesimpulan bahwa Pemerintah Daerah (Pemda) Sultra mupun DPRD Dapil setempat dianggap telah menutup mata dan telinga. Apalagi, salah satu janji politik dari Gubernur Ali Mazi akan melakukan pengaspalan,” katanya.

Adapun bererapa yang menjadi poin tuntutan masa yaitu, mendesak Gubernur Sultra untuk merealisasikan janji politiknya dalam hal ini melaksanakan pembangunan infrastruktur jalan provinsi di Butur dan  mendesak DPRD Sultra untuk memprioritaskan penganggaran pengaspalan jalan tersebut.

Usai berorasi masa melanjutkan dialog dengan anggota Komisi III DPRD Sultra, Sudirman. Ia menjelaskan bahwa pihaknya telah mengalokasikan anggaran jalan tahun 2022 sebesar 33,7 miliar di Buton Utara. Alokasi anggaran tersebut merupakan yang terbesar dari total 150 miliar anggaran yang telah diprioritaskan untuk jalan di sejumlah Kabupaten atau Kota di Sultra.

“Jadi, pengalokasian anggaran jalan di Butur merupakan yang terbesar di Sultra. Dan ini sudah final, tentu hal ini tidak terlepas dari perhatian Ketua DPRD Sultra dan juga peran pihak terkait terhadap masyarakat di Butur,” katanya.

Untuk diketahui, bahwa dalam rapat dengar pendapat tersebut turut juga hadiri Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) dan Bina Marga Sultra, Burhanuddin dan Anggota Komisi III DPRD Sultra, Abdul Salam Sahadia.

Laporan. Yondris Puamalo