Tumbuhkan Minat Baca Anak, Perpustakaan Kendari Gelar Lomba Cerita Lokal

  • Whatsapp
lomba baca anak kendari
Peserta siswi SD ikut lomba bertutur cerita lokal di salah satu hotel di Kendari, Rabu (16/6/2021) Foto. Isra Waode/metrokendari.id
hotel venus kendari

Kendari – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar lomba bertutur siswa siswi Sekolah Dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) di salah satu hotel di Kota Kendari,Rabu, (16/6/2021).

Kabid Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Kota Kendari, Meriyanti mengatakan, tujuan diadakan kegiatan itu adalah untuk menumbuhkan rasa minat baca anak-anak dan menguasai cerita lokal khususnya daerah Sulawesi Tenggara.

“Karena apa lagi dimusim pandemi ini semua anak-anak itu hampir kurang mengunjungi perpustakaan. Tetapi dengan lomba bertutur ini kami berikan kesempatan kepada anak-anak untuk belajar di rumah untuk membuat satu cerita mengangkat cerita lokal daerah Sultra,” ujarnya.

Lanjut Meriyanti, Lomba itu diikuti oleh 15 orang peserta dari seluruh Sekolah Dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) sekota Kendari.

“Namun dalam hal ini tentu ada perwakilan setiap kecamatan. Jadi ini yang ikut 15 peserta sudah perwakilan dari 11 kecamatan di Kota Kendari,” katanya.

Selain itu, dikatakan juga Meriyanti, kegiatan itu merupakan kegiatan rutinitas yang digelar setiap tahun.

Ia mengaku, terselenggaranya kegiatan itu pada tahun lalu, pihak Dinas Perpustakaan dan Kearsipan tidak memiliki anggaran. Namun, berdasarkan inisiatif dari panitia untuk maju di tingkat provinsi kegiatan tersebut masuk sampai tingkat nasional.

Baca Juga : Dibuat Swadaya, Kelurahan Bende Optimis Ikut Lomba Perpustakaan Tingkat Provinsi

“Sehingga dengan kerja keras dan ke ikhlasan kami pada saat itu dana tidak ada, tetapi pada tahun 2020 itu kami masuk sampai tingkat nasional. Dan tahun ini kami diberikan anggaran sehingga kami bisa selenggarakan kegiatan ini lagi,” imbuhnya.

Ia menambahkan, Peserta lomba yang mendapat juara 1 tingkat Kota Kendari itu, akan mewakili tingkat provinsi kemudian ke tingkat nasional.