Trending di Twiter, Jokowi Pidato Soal Makanan Bipang Ambawang

  • Whatsapp
Jokowi
Presiden Jokowi Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden
hotel venus kendari

Jakarta – Dalam pidatonya, Presiden Jokowi mengajak masyarakat Indonesia untuk memesan oleh-oleh makanan via online. Beliau menyebut bipang dari Kalimantan yang bikin netizen heboh.

Larangan mudik masih terus diingatkan oleh pemerintah untuk mencegah kenaikan kasus COVID-19 tahun ini. Begitu juga dengan Presiden Jokowi yang lewat pidato terbarunya, mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk menunda aktivitas pulang kampung mereka.

Namun ada yang unik dan membuat netizen heboh dalam pidato presiden kali ini. Pasalnya Jokowi membahas beberapa kuliner khas daerah yang bisa dipesan via online. Harapannya, dengan begitu kerinduan masyarakat akan makanan kampung halaman bisa terobati.

“Karena masih dalam suasana pandemi pemerintah melarang mudik dan untuk bapak ibu yang rindu masakan atau kuliner khas daerah atau yang biasanya mudik membawa oleh-oleh bisa memesannya secara online,” ungkap Jokowi seperti terlihat dalam penggalan video yang ramai dibicarakan di media sosial (08/05).

Beliau menambahkan masyarakat yang rindu dengan Yogyakarta bisa membeli gudeg via toko online. Begitu juga dengan bandeng asal Semarang dan pempek khas Palembang.

“Pempek Palembang, Bipang Ambawang Kalimantan, dan lain-lain. Tinggal pesan dan makanan kesukaan akan sampai di rumah,” lanjutnya.

Kata bipang dari Ambawang, Kalimantan inilah yang membuat netizen heboh. Seperti diketahui, bipang merupakan singkatan dari babi panggang. Hidangan nonhalal ini adalah oleh-oleh populer dari Ambawang, Kalimantan Barat.

Ciri khas hidangan ini terletak pada kulit babi yang kriuk renyah di luar, namun bagian dagingnya tetap juicy dan empuk. Bipang Ambawang banyak ditemukan di restoran Kalimantan, bahkan dijual online versi bekunya.

Salah satu penjual bipang di Instagram, @bipangambawang, menyebut produk mereka dibuat dari babi kampung muda berusia 3-5 bulan. Berat babi ini hanya 3-7 kg per ekor. Babi kampung muda disebut punya keunggulan berupa lemaknya yang tipis dan dagingnya yang empuk.