Idul Fitri 1443 H
ADVERTISEMENT

Tokoh Pendidik Anak, Sandiah Ibu Kasur Jadi Ikon di Google Doodle

67 Views
Ketgam. Google Doodle, Minggu (16/1/2022), Foto. Istimewah
ADVERTISEMENT

Metrokendari.id – Google Doodle ikut memperingati hari kelahiran Sandiah Ibu Kasur, Dengan menjadikannya ikon di halaman Google. Beliau merupakan sosok penghibur sekaligus Tokoh Pendidik anak Indonesia.

Sandiah atau yang lebih dikenal sebagai Ibu Kasur, Lahir di Jakarta pada 16 Januari 1926. Ia bergabung dengan Pramuka Indonesia, di mana ia bertemu dengan calon suaminya, Soerjono.

Pada 29 Juli 1946, Sandiah resmi menikah dengan Soerjono di Yogyakarta.

ADVERTISEMENT

Nama Ibu Kasur berasal dari nama suaminya, Soerjono, yang memiliki nama sapaan Kak Soer di masa mudanya.

Sandiah Ibu Kasur dikenal juga sebagai salah satu pencipta lagu anak, Beliau dianugerahi Penghargaan Presiden atas prestasinya sebagai pendidik yang kreatif dan berdedikasi pada Hari Anak Nasional tahun 1988.

Didorong oleh dedikasi terhadap pendidikan anak-anak yang berkembang di SMP, Ibu Kasur dan suaminya membuka sekolah pendidikan awal bernama TK Mini di rumahnya sendiri pada tahun 1965. Sekolah ini menjadi dasar bagi pengabdian seumur hidup Ibu dan Bapak Kasur terhadap pendidikan pemuda Indonesia.

Beberapa lulusan TK Mini yang terkenal adalah mantan presiden Megawati Soekarnoputri, Guruh Soekarnoputra, Hayono Isman dan Ateng.

Sandiah memperluas program pendidikannya ke seluruh Indonesia sebagai pembawa acara program anak-anak di Radio Republik Indonesia dan sebagai ketua Yayasan Setia Balita, yang mendirikan empat cabang taman kanak-kanak secara nasional pada 1990-an.

Beliau juga mengedit majalah anak-anak, memproduksi film anak-anak, dan membuat puluhan lagu anak-anak.

Sandiah Ibu Kasur menghembuskan napas terakhir pada 22 Oktober 2002 di Rumah Sakit Cikini Jakarta akibat Stroke. (MK)

ADVERTISEMENT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.