TNI-Polri, Petugas BPJS Kesehatan di Konkep Jalani Suntik Vaksin Covid-19

  • Whatsapp
TNI-Polri vaksin Covid-19
Personel TNI-Polri usai jalani vaksin Covid-19 di Konkep, Rabu (10/3/2021) Foto. Ist

Konawe Kepulauan – Puluhan petugas yang tergabung dari TNI/Polri dan Pegawai BPJS Langara di Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) Sultra, jalani Vaksinasi yang bertempat di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Wawonii Barat.

Pantauan metrokendari.id sebanyak 29 personil Koramil dan 9 orang dari Polsek Wawonii serta 2 petugas BPJS Langara, sebelum dilakukan penyuntikan, mereka terlebih dahulu melakukan pendaftaran, setelah itu dilakukan screnning, kemudian barulah dilakukan pemberian Imunisasi (Suntik Vaksin Sinovac), terakhir pencatatan oleh tim.

Bacaan Lainnya

Penyuntikan berlangsung kurang lebih selama 4 jam lamanya, dimulai pada pukul 08.00 wita dan berakhir pukul 11.00 wita. Sebelum divaksin, mereka lebih dulu dicek kesehatannya.

Kepala Puskesmas Langara, Yemi Yusuf, S.Km., M.Kes mengatakan, petugas Vaksinator berasal dari Puskesmas itu sendiri, sehingga pihaknya menyediakan kurang lebih 100 Vial (botol) yang dimana satu Vialnya itu bisa melayani sampai 9 orang sekali penyuntikan.

Sebelum dilakukan vaksinasi Covid-19, lanjut Yemi, calon peserta yang sudah terdaftar terlebih dahulu dilakukan screening untuk dipastikan aman menerima vaksin Covid-19.

“Misalnya tekanan darah lebih dari 180, atau punya penyakit komorbit yang tidak terkontrol. Maka ini dipastikan tidak akan menerima vaksin, kalaupun ada yang gagal di vaksin hari ini, maka bisa kembali mengikuti ditahap berikutnya,” katanya.

Menurut kepala IBI Konkep itu, (Ikatan Bidan Indonesia) Penanganan Covid-19 di Pulau Kelapa ini, masih menjadi perhatian khusus oleh Pemerintah Daerah (Pemda). sehingga dilakukan pemberian imunisasi yang dimulai dari kalangan atas. Selain vaksinasi, penerapan protokol kesehatan juga sangat penting.

Ditempat berbeda, Kapten Infantri Samuri S.E selaku Komandan Rayon Militer (Danramil) membenarkan bahwa sebanyak 29 personilnya menjalani penyuntikan vaksin oleh petugas kesehatan.

Selain itu dirinya mengatakan bahwa Vaksinasi merupakan salah satu cara pemerintah daerah untuk memutus penyebaran Covid-19. Sehingga dapat meningkatkan sistem kekebalan pada imun tubuh.

Laporan : Darsan

Pemkot Kendari