Tingkatkan SDM, Dekranasda Butur Gelar Pelatihan Desain Tenun Daerah

  • Whatsapp
Dekranasda Butur
Pelatihan keterampilan tenun daerah oleh Dekranasda Butur, Kamis (14/10/2021) Foto. Shun Waode/metrokendari.id

Buton Utara – Demi meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM), Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda), Kabupaten Buton Utara (Butur), Sulawesi Tenggara (Sultra), menggelar kegiatan Desain Tenun Daerah.

Kegiatan tersebut diselenggarakan di Pelataran Rumah Jabatan (Rujab) Bupati Butur, Kecamatan Kulisusu, selama dua hari dengan menghadirkan puluhan orang pengrajin tenunan dan dua pemateri yakni Nasrulah dan Wa Opa. Kamis,(14/10/2021)

Bacaan Lainnya

“Tujuan kegiatan ini guna meningkatkan pengetahuan dan keterampilan anggota Dekranasda dan para pengrajin motif tenunan daerah,” ujar Ketua Dekranasda, Muniarty M Ridwan, saat memberikan sambutan

Muniarty M Ridwan mengatakan, pengrajin tenunan yang mengikuti pelatihan ialah mereka yang mewakili setiap Kecamatan yang ada di Buton Utara.

“Peserta yang mengikuti sebanyak 40 orang. Dengan mengikuti pelatihan ini semoga bisa meningkatkan SDM yang ada,” ujarnya

Ia berharap kepada para pengrajin tenunan daerah dalam membuat suatu karya tenunan tak hanya membuat, tetapi harus memperhatikan makna sebuah desain.

“Harus ada sejarahnya ya, harus ada ceritanya. Karna yang akan menarik nantinya adalah cerita daripada motif yang ibu ibu kembangkan,” ungkapnya

“Dan desain kain tenun atau tekstil ini sangat penting. Ini bisa menentukan bagus tidaknya kualitas, jika semakin bagus motif desainya maka semakin tinggi pula harga dan nilai jualnya,” tandasnya.

Pemkot Kendari