Tak Perlu Antri, Daftar Tanah di BPN Sultra Kini Lewat Aplikasi Loketku

  • Whatsapp
Aplikasi Loketku
Konferensi pers peluncuran aplikasi Loketku di kantor BPN Sultra, Rabu (29/9/2021) Foto. Isra Waode/metrokendari.id

Kendari – Untuk mempermudah masyarakat dalam pelayanan, Badan Pertanahan Nasional (BPN) kantor wilayah Sulawesi Tenggara (Sultra) menyediakan aplikasi Loketku.

Hal ini diungkapkan oleh Kakanwil BPN Sultra, Iljas Tedjo Prijono usai coffe morning bersama insan pers di Kantor BPN Sultra, Rabu (29/9/2021).

Kata dia, sistem yang dilakukan adalah terlebih dahulu masyarakat mengunduh aplikasi Loketku di Play Store kemudian masuk kedalam aplikasi tersebut.

“Nanti disitu ada cara memandu bagaimana untuk mendaftarkan melalui Loketku. Jadi data-data apa yang harus di siapkan, syarat-syarat apa yang harus dipenuhi kemudian akan terinput di Kantor Pertanahan dan nanti akan masuk ke dalam sistem. Dimana, di dalam sistem itu sudah ada petugas kami yang akan melakukan verifikasi terhadap data-data tersebut,” paparnya.

Iljas menjelaskan, apabila memenuhi syarat data-data tersebut, maka petugas BPN akan menginformasikan kepada pemohon melalui aplikasi Loketku agar datang di Kantor Pertanahan untuk mendaftarkan tanahnya dan membayarkan biaya pembuatan.

Iljas juga mengaku, hal tersebut di tujukan agar masyarakat datang di kantor BPN tidak mengantri sehingga langsung dilayani.

“Dengan demikian tidak ada lagi antrian di loket layanan,” bebernya.

Sehingga lanjut dia, pengurusan data melalui aplikasi Loketku bergantung kepada petugas BPN, karena untuk memverifikasi data harus sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP).

“Kalau verifikasi datanya terpenuhi dalam waktu cepat berarti layanan lebih cepat lagi,” pungkasnya.