Survei THI, Elektabilitas Abdul Razak-Andi Sulolipu Unggul Jelang Pilwali 2024

  • Whatsapp
Survei Pilwali Kendari
Paparan survei Pilwali Kota Kendari oleh lembaga survei THI, Rabu (29/9/2021), dok. metrokendari.id

Kendari – Lembaga Survei The Haluoleo Institute (THI), memaparkan hasil surveinya jelang diselenggarakannya Pemilihan Walikota Kendari tahun 2024.

Survei itu mengangkat tema “Perspektif Masyarakat Terhadap Pandemi Covid-19, Serta Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Kendari 2024”.

Bacaan Lainnya

Paparan pertama diawali dengan survei terkait elektabilitas uji pasangan calon jelang Pemilihan Wali (Pilwali) Kota Kendari.

Berdasarkan hasil survei, THI mencatat jika Abdul Razak dipasangkan dengan Andi Sulolipu, berada pada posisi teratas dengan persentase 31,4 persen.

Sementara Sulkarnain Kadir jika berpasangan dengan Siska Karina Imran pada Pilwali 2024, survei THI mencatat persentasenya 29,1 persen.

“Jika melihat uji simulasi 4 Pasangan calon yang dilakukan, terlihat elektabilitas pasangan Abdul Razak-Andi Sulolipu mengungguli pasangan Sulkarnain Kadir-Siska Karina Imran (incambent aktiv),” ujar Direktur Eksekutif THI, Naslim Sarlito Alimin, saat memaparkan hasil survei elektabilitas jelang Pilwali 2024 di salah satu hotel di Kendari, Rabu (29/9/2021).

Naslim menerangkan, persentase pasangan Abdul Razak-Andi Sulolipu mencapai angka tertinggi karena dinilai masih memiliki pemilih tetap yang militan di Kota Kendari.

“Kenapa pak Razak ini persentasenya tinggi, kita tahu kan dia pemain lama dan satu-satunya kontestan pada 2017 lalu. Selain itu, kenapa angkanya tinggi karena kemungkinan pemilih tetap beliau masih ada,” terangnya.

Untuk diketahui, dalam melakukan survei, THI menggunaka metode sampling atau multi stage random sampling. Proses pengumpulan data dilakukan sejak 4-10 Agustus 2021.

Pemkot Kendari