Serahkan LKPD ke BPK, Ali Mazi Harap Kembali Raih WTP ke 8

  • Whatsapp
Ali Mazi
Gubernur Sultra Ali Mazi serahkan LKPD ke BPK RI Perwakilan Sultra, Selasa (23/3/2021) Foto. penasultra.id
hotel venus kendari

Kendari – Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Ali Mazi, berharap kembali meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

Hal itu ia ungkapkan saat memberikan sambutan ketika menyerahkan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKDP) di kantor Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Sultra.

Bacaan Lainnya

“Pemprov Sultra telah menerima Opini WTP tujuh kali berturut-turut. Semoga kembali meraih WTP ke delapan,” ujar Ali Mazi dikutip dari penasultra.id Selasa (23/3/2021).

Orang nomor satu di Sultra itu menyebut, LKPD merupakan suatu kewajiban yang dilaporkan untuk mengetahui pengeluaran daearah.

“Karena masyarakat memiliki hak untuk mengetahui bagaimana kinerja pemda melalui laporan hasil BPK. Ini dapat meningkatkan kepercayaan masyakat terhadap pemda. Semoga pemeriksaan laporan ini lancar dan sukses,” kata Ali Mazi.

Sementara itu, Kepala BPK RI Perwakilan Sultra, Andi Sonny mengucapkan terimakasih kepada pemda yang telah menyerahkan LKPD dengan tapat waktu.

“Bahkan ada yang delapan hari lebih cepat. Kami memang sarankan lebih cepat dan isinya oke. Jangan cepat tapi isi laporannya tidak oke,” tegas Sonny.

Menurutnya, LKPD ini akan menjadi dasar pemberian Opini dengan pemeriksaan laporan keuangan yang dilakukan secara general audit terhadap komponen laporan keuangan.

“Mulai dari neraca, laporan realisasi anggaran hingga kepada catatan atas laporan keuangan dan laporan operasional,” tutup Sonny.

Untuk diketahui, selain Pemprov Sultra, ada tiga wilayah yang juga memywrahkan LKPD ke BPK Sultra yakni Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton Tengah (Buteng), Kolaka Timur (Koltim) dan Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari.

Laporan. Wayan Sukanta