Sebuah Truk di Konawe Nyaris Jatuh ke Kali Akibat Jembatan Amblas

  • Whatsapp
Foto. Sebuah Mobil truk nyaris terbalik usai melewati jembatan gantung berbahan kayu di Desa Lasada, Kecamatan Asinua, Kabupaten Konawe. Dok, Metrokendari.id.

Konawe – Sebuah mobil truk mengalami kecelakaan tunggal saat melewati jembatan gantung berbahan kayu di Desa Lasada, Kecamatan Asinua, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra), pada Sabtu (19/11/2021).

Atas Insiden tersebut, arus lalu lintas pun mengalami kemacetan hingga berjam – jam. Akibat antrian panjang pengendara roda dua maupun roda empat di tempat kejadian peristiwa.

Bacaan Lainnya

Tidak hanya itu, sejumlah warga setempat maupun pengemudi yang melintas juga ikut menyoroti kondisi jalan rusak parah tepat dibangunnya jembatan dadakan beralaskan batangan kayu tersebut.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, dari salah seorang warga, Guntual Laremba menjelaskan jika awalnya mobil truk berupaya melewati jembatan. Namun nahas, ban mobil malah tergelincir hingga jatuh terguling diatas badan jembatan.

“Alhamdulillah, tidak ada korban jiwa, cuman sangat memperihatinkan jalan yang katanya jalan provinsi, akses satu-satunya masyarakat dari beberapa kecamatan menuju kabupaten dan provinsi tidak terurus selama hampir 20 tahun,” keluhnya saat dikonfirmasi melalui pesan messenger, Senin (22/11/2021).

Sementara itu, pihaknya juga sangat kecewa dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Konawe yang dianggap menyepelekan atau tidak menunjukan sikap kepedulian terhadap kepentingan masyarakat setempat. Padahal, kondisi jembatan dan jalan poros Asinua- Unaaha sudah sangat tidak layak di lewati.

“Tentu saja mereka semua mengeluh dan sangat kecewa, karena para politikus hanya butuh suara rakyat saat musim pemilu. Setelah terpilih, mereka menghilang dan sudah tidak ada kepedulian lagi, terangnya.

Bahkan, Ia juga mengaku bahwa acap kali  memposting kondisi miris tersebut di media sosial. Namun sayangnya, tidak mendapat respon dari pemerintah setempat.

“Beberapa kali sudah saya viralkan perihal itu, silahkan lihat video saya sebelumnya. Dan juga sering kali saya tayangkan tetapi hanya ditonton saja. Semestinya ini harus menjadi pertimbangan serius ,” bebernya.

Kendati insiden kecelakaan sering kali terjadi di lokasi tersebut, namun ia berharap agar pihak berwenang tidak menutup mata dan telinga serta tidak hanya menunjukan kepedualian musiman, dalam artian hanya pada momen perebutan kursi kekuasaan lalu lantang berbicara kepentingan masyarakat secara menyeluruh.

“Tidak jarang mobil kecil yang berusaha menerobos di jembatan alternatif itu tapi justru tersangkut. Oleh sebab itu, sebagai bagian dari masyarakat hanya berharap kepada pemerintah pusat untuk memberikan perhatian yang berkeadilan seperti daerah lain, karena kalau mengharapkan pemerintah daerah setempat mungkin sampai lebaran kuda sulit terlaksana karena sama saja kita menggantang asap ,”pungkasnya.