Sebuah Puskesmas di Kolut Nyaris Ludes Terbakar Dilalap Si Jago Merah

  • Whatsapp
Puskesmas Kolut
Tim pemadam berhasil padamkan api di Puskesmas latali, Kecamatan Pakue, Kolut, Sultra, pada Jumat (12/11/2021) sore. Dok. Humas Polres Kolut

Kolaka Utara – Gedung kantor Puskesmas Latali, Kecamatan Pakue, Kabupaten Kolaka Utara (Kolut), Sulawesi Tenggara (Sultra), nyaris ludes terbakar akibat dilalap api pada Jumat (12/11/2021) sekitar pukul 15.00 Wita.

Menurut Kasi Humas Polres Kolut, Aiptu Hari Hermawan mengatakan, kebakaran itu pertama kali diketahui oleh seorang petugas Puskemas yang sedang piket melihat ada api yang menyalah di atas plafon.

Bacaan Lainnya

“Awalnya petugas tersebut melihat ada nyala api yang sudah mulai membesar di atas Plafon sebelah Barat Gedung utama Kantor Puskesmas Latali kemudian menghubungi rekan lainya dan berteriak minta tolong kepada warga sekitar Kantor Puskesmas Latali sehingga masyarakat mulai berdatangan dan berusaha memadamkan api dengan alat seadanya,” ujar Hari kepada metrokendari.id, Sabtu (13/11/2021).

Hari menambahkan, beruntung dua unit mobil pemadam dengan cepat tiba di lokasi dan berhasil memadamkan api. Sehingga api tidak menjalar keluruh bagian gedung Puskesmas saat itu.

Baca Juga : Breaking News: Kebakaran Hebat di Kolut, Satu Rumah Ludes Hingga Minimarket Terbakar

“Sekitar pukul 15.30 Wita 2 unit Pemadam kebakaran Kab. Kolut tiba dan memadamkan api yang masih membakar plafon dan rangka kayu atap kemudian sekitar 16.00 Wita api sudah berhasi di padamkan oleh Unit,” terangya.

Tidak korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun sebagian material dari bangunan Puskesmas itu mengalami kerusakan parah akibat terbakar.

“Alkes dan peralatan Kantor tidak ada yang terbakar saat kejadian dan sempat dievakuasi ke tempat yang aman kecuali Peralatan Dental gigi di Ruang Perawatan gigi terpasang permanen shg tdk bisa diangkat,” kata Hari.

Pasca kejadian itu, Polisi masih menyelidiki penyebab terjadinya kebakarandi Puskesmas Latali. Beberapa orang telah dimintai keterangan guna proses penyelidikan.

Baca Juga : Kebakaran Hebat di Kota Lama Kendari, 6 Ruko Hangus Dilalap Api