Sebar Hoaks Korban Vaksin, Seorang Pemuda di Kendari Diamankan Polisi

  • Whatsapp
hoaks vaksin Covid-19
Pelaku diamankan di Polres Kendari, Sabtu (26/6/2021) Foto. Polres Kendari
hotel venus kendari

Kendari – Seorang pemuda berinsial MF (22) tahun, ditangkap Polisi karena nekat menyebarkan informasi hoaks soal vaksin Covid-19 di media sosial (Medsos).

Pria itu menyebarkan hoaks lewa rekaman suara di WhatsApp dengan menyebut terdapat korban akibat kegiatan vaksin yang diselenggarakan oleh Polres Kendari.

Bacaan Lainnya

“Janganmi ke Polres, itu anak-anak sana kesurupan mi semua, habis di vaksin, muntah kuning, ada yang berbusa mulut, lari mi semua dulu, bergeser semua mi dulu,” ucap MF dalam rekaman suaranya yang tersebar.

Sontak saja rekam suara yang tersebar di beberapa grup WhatsApp langsung viral dan membuat heboh publik.

Polisi yang mengetahui beredarnya informasi itu langsung melacak keberadaan pelaku. Tidak butuh waktu lama, MF berhasil ditemukan dan langsung dibawa ke Polres Kendari untuk diamankan.

Baca Juga : Polda Sultra Mulai Lakukan Vaksinasi Serentak, Target 1 Juta Orang Per Hari

Kasat Reskrim Polres Kendari, AKP I Gede Pranata Wiguna, membenarkan pihaknya mengamankan seorang pemuda akibat menyebar hoaks soal adanya korban berjatuhan akibat vaksin di Kendari.

“Iya benar, pelaku ini sebar hoaks dengan menyebut banyak korban gara-gara vaksin di Polres Kendari. Pelaku kita jemput siang tadi di rumahnya di Puuwatu dan sekarang sudah di Polres diamankan,” kata Gede saat dikonfirmasi oleh metrokendari.id Sabtu (26/6/2021).

Gede menambahkan, pelaku hanya diamankan sementara namun dengan syarat harus memberikan klarifikasi terkait informasi yang ia sebarkan terkait hoaks soal vaksin.

Baca Juga : Ratusan Polisi di Kendari Kembali Jalani Suntik Vaksin Covid-19 Serentak

“Pria itu kita hanya amankan saja, kita minta dia untuk mengklarifikasi atas ucapannya yang sudah menyebarkan hoaks. Selain itu buatka surat pernyataan agar tidak mengulangi perbuatannya lagi,” jelasnya.