Satgas Covid Butur Upayakan Masyarakat Terdaftar di Aplikasi PeduliLindungi

Pedulilindungi
Jubir Satgas Covid-19 Butur, dr.Muh.Ali Badar. (Foto. Istimewah)

Buton Utara – Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Kabupaten Buton Utara (Butur), Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), dr.Muh.Ali Badar mengatakan, pentingnya masyarakat melakukan Vaksinasi dan Pemerintah Daerah menyiapkan aplikasi PeduliLindungi  disetiap Pos perbatasan. Selasa, (22/03/2022).

Ali Badar menjelaskan fungsi daripada aplikasi PeduliLindungi, seperti halnya pengecekan status vaksin, pada orang yang akan bepergian melalui penerbangan, atau pada tempat-tempat tertentu.

Lebih lanjut ia menerangkan, Aplikasi tersebut dalam hal melakukan vaksinasi langsung terinput pada aplikasi.

“Biasanya masyarakat yang telah divaksin lupa untuk menginput datanya di aplikasi PeduliLindungi. Jadi Hanya dibuatkan manual, akhirnya kasian masyarakat. Jadi sengaja dibuatkan supaya terinput semua,” ujarnya.

Ali Badar mengaku, terkadang beberapa orang terkendala Nomor Induk Kependudukannya (NIK) tidak aktif atau hal lainnya, sehingga datanya tidak terbaca di PeduliLindungi.

Olehnya itu ia berharap adanya aplikasi PeduliLindungi dengan menggunakan mesin, agar semua terbaca. 

“Kalau misalnya belum terbaca, kita input supaya masyarakat semua terkoneksi dengan aplikasi. Karna mau digunakan selama-lamanya,” terangnya.

Contoh kasus NIK yang tidak terkoneksi dengan aplikasi. Pihaknya bekerjasama dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil untuk dilakukan konsolidasi data supaya datanya terbaca.