Rumah Warga di Tapunggaya Konut Porak-poranda Diterjang Tanah Longsor

  • Whatsapp
Tanah Longsor Konut
Rumah warga rusak parah pasca diterjang tanah longsor Desa Tapunggaya, Kecamatan Molawe, Kabupaten Konut, pada Minggu (11/7/2021) sekitar pukul 23.30 Wita.
hotel venus kendari

Konawe Utara – Sejumlah rumah warga mengalami kerusakan parah akibat diterjang tanah longsor di Desa Tapunggaya, Kecamatan Molawe, Kabupaten Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara (Sultra).

Kapolsek Lasolo, Iptu Bhekti Indra Kurniawan mengatakan, bencana tanah longsor itu terjadi pada Minggu (11/7/2021) sekitar pukul 23.30 Wita.

Bacaan Lainnya

“Jadi ini kejadian musibah tanah longsor, ada 3 rumah warga rusak parah dan satu unit bangunan Sekolah Dasar (SD) akibat kejadian itu,” ujar Bhekti saat dihubungi metrokendari.id Senin (12/7/2021).

Bhekti menerangkan, benaca tanah longsor itu terjadi saat dalam kondisi cuaca hujan. lereng perbukitan yang ada didekat pemukiman warga mendadak longsor.

“Pada saat kejadian hujannya tidak begitu deras, hujan sedang. Rumah warga yang rusak parah ini akibat tertimbun material tanah yang longsor,” terangnya.

Tidak ada korban jiwa dalam musibah bencana tanah longsor yang menimpa warga di Desa Tapunggaya. Namun, warga sebagian terpaksa mengungsi akibat rumah mereka hancur diterjang tanah longsor.

“Saat ini kita turun ke lokasi membantu warga untuk mengevakuasi barang-barangnya. Kita masih menunggu koordinasi dari pemda terkait apakah mereka diimbau untuk mengungsi atau seperti apa,” kata Bhekti.

Untuk diketahui, di sekitar pemukiman warga Desa Tapunggaya yang menjadi korban tanah longsor terdapat beberapa perusahaan tambang aktiv saat ini beroperasi.