Ratusan Peserta UKOM Retaker Ners dan Vokasi Dinyatakan Kompoten, Ini Daftarnya

  • Whatsapp
UKOM Retaker Ners
Ketua DPW PPNI Sultra, Heriyanto AMK,SKM
hotel venus kendari

Jakarta – Dewan Pengurus Pusat Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI), akhirnya mengumumkan hasil Ujian Kompetensi (UKOM) Retaker Ners dan Vokasi periode I yang dilaksanakan pada April 2021.

Ketua DPW PPNI Sultra, Heriyanto AMK,SKM mengatakan, tercatat sebanyak 439 peserta UKOM Retaker dinyatakan lulus. Namun, dari hasil itu terdapat juga yang dinyatakan kompoten dengan syarat sebanyak 263 orang.

Bacaan Lainnya

“Untuk hasil UKOM Retaker Vokasi Periode I April 2021, tercatat ada 104 orang yang sudah keluar pengumumannya. terdiri dari 15 kompoten dan 89 dinyatakan kompoten dengan syarat,” ujarnya kepada metrokendari.id Sabtu (29/5/2021).

Heryanto menjelaskan, pengumuman UKOM Retaker itu merupakan hasil keputusan bersama antar beberapa organisasi dan istansi perguruan tinggi negeri.

“Hasil UKOM Retaker ini merupakan keputusan bersama antara organisasi. Beberapa yang terlibat didalam yaitu DPP PPNI, Asosiasi Isntitusi Pendidikan Ners Indonesia (AIPNI), Asosiasi Institusi Pendidikan Vokasi Keperawatan Indonsia, Himpunan Perguruan Tinggi Kesehatan Indonesia dan Asosiasi Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Indonesia,” jelasnya.

Dia menambahkan, khusus untuk peserta yang dinyatakan kompoten dengan syarat masih harus memenuhi beberapa kewajibannya yaitu dengan mengumpulkan 5 Satuan Kredit Poin (SKP).

“Untuk yang kompoten dengan syarat diberikan waktu 1 bulan terhitung dari pengumuman hari ini untuk mengumpulkan 5 Skp yang dikeluarkan oleh DPW PPNI Provinsi Sultra,” ucap Heryanto.

Mantan anggota DPRD Bombana itu juga menyampaikan ucapan terima kasihnya terhadap DPP PPNI dan mengapresiasi seluruh pihak yang telah ikut berperan aktif hingga suksesnya pelaksanaan UKOM Reteker tersebut.

“Terima Kasih kepada DPP PPNI, Asosiasi Institut Pemdidikan Ners Indonesia, Asosiasi Institut Pendidikan Vokasi Indonesia, Himpunan Perguruan Tinggi Kesehatan Indonesia, Asosiasi Politeknik Kesehatan Kemenkes Indonesia,” ucapnya.

Untuk diketahui, UKOM Khusus Retaker dilaksanakan secara online melalui aplikasi Computer Based Test (CBT), dimana setiap peserta akan dinilai kemampuan dan kompetensinya dengan menjawab soal yang telah disusun bersama oleh OP, AIP, dan HPTKes. Soal-soal UKOM Online dikerjakan secara serentak dan bersamaan di tempat peserta masing-masing sesuai jadwal.

Sebelum menghadapi Ukom, peserta menjalani persiapan dengan belajar melalui modul dan latihan soal.

Upaya ini merupakan salah satu upaya advokasi yg dilakukan oleh PPNI dalam rangka mengadvokasi ratusan perawat yg selama ini belum kompotem dalam pelaksanaan UKOM.

Lihat Pengumuman Hasil UKOM Retaker Ners dan Vokasi Disini :

Hasil UKOM Retaker Ners Periode I 

Hasil UKOM  Retaker Vokasi Periode I