Puluhan Warga di Butur Demo Tuntut Perbaikan Jalan Rusak

  • Whatsapp
Jalan Rusak Butur
Aksi Demo warga di kantor Dinas PUPR Butur, Senin (4/10/2021) Foto. Shun Waode/metrokendari.id

Buton Utara – Puluhan warga yang tergabung dengan Forum Pemerhati Pembangunan Buton Utara (FPPBU), melakukan aksi unjuk rasa di kantor Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Buton Utara (Butur), Senin,(4/10/2021).

Dalam unjuk rasa itu, massa menuntut agar jalan Waode Buri, Kecamatan Kulisusu Utara menuju Labuan, Kecamatan Wakorumba Utara, segera diperaiki.

Bacaan Lainnya

Koordinator Aksi, Sudin dalam orasinya mengatakan, semenjak Kabupaten Butur mekar pada Tahun 2007, melihat kondisi jalan sangat memprihatinkan.

Dia menambahkan, kurangnya kontrol Pemerintah Daerah (Pemda) Butur terhadap pembangunan infrastruktur jalan Waode Buri menuju Labuan menimbulkan keluhan dan keresahan dari masyarakat.

“Mengakibatkan kendaraan roda empat tidak bisa lewat,” ujar Sudin.

Baca Juga : Jalan Amblas di Butur Belum Diperbaiki, Rawan Kecelakaan

Semestinya menurut Sudin, Bupati Butur ataupun OPD terkait dapat memperhatikan karena pembangunan jalan tersebut merupakan tanggung jawab Pemda atau OPD terkait, dalam hal ini Dinas PUPR.

Olehnya itu, massa aksi mendesak, Bupati Butur untuk segera memerintahkan Kepala Dinas PUPR untuk melakukan perbaikan jalan Waode Buri menuju Labuan.

“Mendesak Kepala Dinas PUPR untuk segera  memperbaiki jalan yang rusak dalam hal ini jalan yang berlubang yang tidak bisa dilalui kendaraan,” tegasnya.

Selain itu, Sudin mengatakan, apabila tuntuannya tidak diakomodir maka pihaknya akan melakukan gerakan yang lebih besar.

“Karena jujur saja ini persoalan keresahan (masyarakat),” kembali ditegaskan Sudin.

Sementara itu,  Kepala Dinas PUPR Butur, Mahmud Buburanda mengatakan, akan melakukan penanganan pada jalan rusak tersebut.

“Jadi penanganannya fungsional saja ya, fungsional artinya dapat dilewati,” ujarnya.

Baca Juga : Puluhan ASN Butur yang Dinonjob Melapor di Ombudsman

“Mudah-mudahan kami bisa laksanakan, segera kami turunkan alatnya, mudah-mudahan kedepan ini tidak hujan ya, supaya bisa kami tangani,” sambungnya.

Mahmud Buburanda melanjutkan, Hari ini pihaknya dari dinas PUPR Butur sangat konsen terhadap jalan tersebut (Waode Buri-Labuan), Mahmud menambahkan, sangat merasakan kesedihan warga atas rusaknya jalan tersebut.

“Hari ini kami pihak Dinas PUPR akan menindak lanjuti aspirasi dari teman-teman,” pungkasnya.