Puluhan Rumah Warga di Konkep Terendam Banjir, Beberapa Nyaris Hanyut Terbawa Arus

  • Whatsapp
banjir Konkep
Kondisi banjir menggenangi pemukiman warga di Desa Lapulu, Kecamatan Wawonii Timur, Konkep, Selasa (22/6/2021) Foto. IST
hotel venus kendari

Konawe Kepulauan – Puluhan rumah warga terendam banjir di Desa Lapulu, Kecamatan Wawonii Timur, Konawe Kepulauan (Konkep), Sulawesi Tenggara, Selasa (22/6/2021).

Tidak hanya itu, berdasarkan informasi yang diterima metrokendari.id, terdapat beberapa rumah warga nyaris hanyut terbawa arus banjir di Desa itu.

Bacaan Lainnya

Menurut Pelaksana Kades Lapulu, Pikrudin mengatakan, musibah banjir itu disebabkan curah hujan tinggi sejak dua hari terakhir. Akibatnya, sungai sekitar meluap dan terjadinya banjir hingga selutut orang dewasa.

“Sejak hari Senin siang tiba-tiba air meluap. Hari ini juga meluap lagi dan bahkan lebih parah. Warga tidak sempat lagi mengamankan barang berharga dalam rumah karena banjir datang tiba-tiba. Di Desa kami lebih parah banjirnya ketimbang di Kelurahan Munse yang tetangga desa kami,” ujar Pikrudin.

Dia menambahkan, musibah banjiryang terjadi di Desa Lapulu bukan yang pertama kali terjadi. Bahkan sudah kerap menjadi langganan banjir jika hujan turun dengan intensitas tinggi.

Baca Juga : Breaking News: Banjir Terjang Rumah Warga di Butur, 1 Jembatan Putus

“Kami termasuk jadi langganan banjir mana kala hujan deras berhari-hari, karena kami bertetangga dengan kali, jadi kalau airnya meluap disitulah rumah kami di porak-poranda oleh derasnya air,” katanya.

Pikrudin menyebutkan, terdapat pemukiman warga terdampak banjir dengan kondisi cukup parah hingga kedalaman 2 meter.

“ada beberapa rumah warganya yang berdekatan persis tidak jauh dari pinggir kali hampir terbawah arus karena ketinggian air lebih dari 2 meter. Di desa Lapulu ada sekira 69 rumah terendam banjir,” ungkapnya.