Pulihkan UMKM, Kendari Preneur Adakan Festival Ramadhan di Kebi

  • Whatsapp
Festival Ramadhan
Kegiatan Ferstival Ramadhan di Tambat Laut Kebi, Minggu (18/4/2021) Foto. Isra Waode/metrokendari.id
hotel venus kendari

Kendari – Dalam rangka mendukung program pemulihan ekonomi di bidang Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), Kendari Preneur menggelar Festival Ramadhan di Tambat Labuh Keby, Minggu (18/4/2021).

Festival Ramadhan tersebut dilaksanakan mulai tanggal 18 April sampai dengan 2 Mei 2021 dengan menampilkan produk-produk terbaik yang dimiliki oleh UMKM yang ada di Kota Kendari, yakni produk fashion dan makanan yang bervariasi.

Bacaan Lainnya

Penanggung Jawab Kendari Preneur, Syarif Maulana mengatakan tahun ini pihaknya hanya menyediakan 42 stand karena ketersediaan ruang yang terbatas.

“Insha allah tahun depan kami merencanakan lebih ramai dan meriah lagi,” ujarnya.

Pasalnya, hal tersebut dilakukan agar dapat menampung para pelaku UMKM dalam memanfaatkan ruang untuk memasarkan, mempromosikan produk mereka kepada khalayak masyarakat.

“Ini kesempatan buat mereka untuk naik kelas,” ungkapnya.

Selain itu, lebih lanjut dikatakan Syarif, pihak juga menyiapkan ruang pembelajaran bagi para pelaku UMKM.

“Kami ada coach-coach. Jadi kalau ada UMKM yang mau konsultasi silakan kami stand by,” tuturnya.

Syarif menjelaskan, coach-coach yang ada di Kendari Preneur merupakan orang-orang yang berkompeten membidangi pendampingan UMKM yang telah dibekali sertifikasi oleh Negara.

“Jadi UMKM yang terlibat ditempat ini, dia memiliki banyak manfaat. Pertama dia bisa mempromosikan produknya, kedua dia bisa bersosialisasi dengan sesama pelaku UMKM dan yang ketiga dia bisa berkonsultasi kepada para mentor yang telah kami persiapkan,” imbuhnya.

Kendati demikian, ia berharap mendapatkan dukungan dari masyarakat Kota Kendari karena pertumbuhan UMKM tidak memiliki arti jika UMKM nya tidak mendapat respon dari masyarakat.

“Kalau UMKM nya bertumbuh, masyarakatnya mendukung tentu dampaknya adalah pertumbuhan ekonomi di Kota Kendari,” tutupnya.