Polres Kolut-NU Bersinergi Lakukan Vaksinasi Terhadap Puluhan ODGJ

Polres Kolut
Kapolres Kolut, AKBP I Wayan Riko bersama pengurus NU Kolut pada pelaksanaan vaksinasi ODGJ, Kamis (5/8/2021) Foto. Mahdanur Basri/metrokendari.id

Kolaka Utara – Puluhan Orang Dalam Gangguan Jiwa (ODGJ) menjalani vaksinasi yang digelar oleh Polres Kolaka Utara (Kolut), Sulawesi Tenggara (Sultra), Kamis (5/8/2021).

Selain ODGJ, para penyandang disabilitas juga yang berada di Kolut ikut divaksinasi oleh petugas kesehatan.

Kapolres Kolut, AKBP I Wayan Riko mengatakan, program pelaksanaan vaksinasi itu dilakukan atas kerja sama dengan organisasi masyarakat (ormas) Nadathul Ulama (NU).

“Kami berharap kepada masyarakat dan Ormas lainnya agar mencontohi Ormas Nu. kebetulan hari ini Program Vaksinasi ODGJ dan Disabilitas yang dimotori NU. Adapun jumlahnya yang disiapkan oleh Polres Kolut sebanyak 26 ribu dosis. Dan yang sekitar 13 ribu Orang sudah di Vaksin,” ujar Wayan kepada metrokendari.id, Kamis (5/8/2021).

Wayan menerangkan, sebelum dilakukan penyuntikan vaksin terlebih dulu diawali dengan rangkaian pemeriksaan kesehatan lainnya mulai dari proses screening dan cek tekanan darah.

“Sebelum dilakukan vaksin, personel kami dari Bhabinkamtibmas melakukan pendataan terhadap ODGJ yang ada di Kolut. Setelah didata, kemudian dijemput dan diantar langsung oleh anggota Bhabinkamtibmas kami untuk divaksin di Polres Kolut,” kata Perwira Polisi berdarah Bali itu.

Selama proses vaksinaai berlangsung, Wayan menyebut pihaknya tetap menerapkan protokol kesehatan (Prokes) yang ketat untuk mencegah terjadinya kerumunan.