Polres Kendari Ingatkan Warga Waspada Penipuan Berkedok Barang Murah di KJB

  • Whatsapp
Polres Kendari
Ilustrasi

Kendari – Kepolisian Resor (Polres) Kendari terus intens memberikan imbauan dan mengingatkan masyarakat waspada dalam membeli barang secara online.

Hal itu menyusul maraknya terjadi kasus penipuan berkedok barang murah yang dijual secara online. Seperti salah satunya yang kerap terjadi pada sebuah grub facebook Kendari Jual Beli (KJB).

Bacaan Lainnya

Tidak sedikit yang telah menjadi korban penipuan lewat jual beli online pada grub facebook tersebut. Kasus beragam, mulai tertipu membeli barang elektronik hingga perabotan rumah tangga dengan harga miring.

“Kita sudah sering menerima laporan adanya kasus penipuan yang kerap terjadi gara-gara jual beli online di Facebook. Nilai kerugiannya bervariasi, mulai ratusan ribu hingga jutaan rupiah juga ada,” ujar Kasat Reskrim Polres Kendari, AKP I Gede Pranata, Sabtu (27/11/2021).

Baca Juga : Dukun Gadungan Pengganda Uang Gaib Asal Konsel Ditangkap Polisi

Bahkan tidak hanya elektronik, beberapa laporan yang sempat ia terima ada warga tertipu saat membeli kendaraan roda empat. Tidak tanggung-tanggung, nilai kerugian mencapai hingga puluhan juta rupiah.

“Kalau kasus ini modusnya dia mengincar orang yang cari mobil di KJB. Lalu pelaku ikut nimbrung berkomentar mengaku sebagai penjual mobil. Disitu dia menawarkan mobil dengan harga murah, tapi mobil itu bukan mobilnya melainkan milik orang lain. Setelah deal, dia lebih dulu meminta uang ditransver ke rekeningnya. Tidak sadar ternyata korban telah tertipu usai mengirimkan uang tersebut ke rekening pelaku,” tuturnya.

Gede juga mengingatkan warga berhati-hati membeli barang bekas di KJB, sebab tidak dapat dipastikan produk itu hasil curian atau bukan.

“Kasus yang seperti ini juga sudah banyak terjadi. Beli barang berupa handphone bekas di KJB, ternyata yang dibelinya itu barang curian,” ucapnya.

Baca Juga : Tergiur Mobil Murah di KJB, Seorang Warga di Kendari Kena Tipu Puluhan Juta

Terkait hal itu, Gede mengimbau warga Kota Kendari untuk lebih waspada dan berhati-hati berbelanja online yang menawarkan barang bekas murah.

“Sudah banyak yang jadi korban penipuan, jadi ini jadikan pelajaran agar tidak jadi korban berikutnya. Namun kita juga tidak tinggal diam, Reskrim Polres Kendari juga terus bekerja melakukan pengungkapan kasus penipuan atau penadahan barang curian yang dijual melalui online,” pungkasnya.