Peristiwa Tanah Longsor Nyaris Timbun Rumah Warga di Kolaka Utara

Tanah Longsor Kolut
Sebuah rumah warga nyaris tertimbun tanah longsor di desa Bukit Tinggi, Kecamatan Batu Putih, Kabupaten Kolaka Utara, Sultra, pada Minggu (1/8/2021) sore

Kolaka Utara – Bencana banjir dan tanah longsor terjadi di desa Bukit Tinggi, Kecamatan Batu Putih, Kabupaten Kolaka Utara (Kolut), Sulawesi Tenggara (Sultra), pada Minggu (1/8/2021).

Tanah longsor itu terjadi sekitar pukul 15.00 Wita dan nyaris menimbun sebuah rumah milik warga di Desa tersebut.

Kapolsek Batu Putih, Iptu Julius Pulung mengatakan, banjir dan tanah longsor itu diakibatkan intensitas curah hujan yang tinggi mengguyur selama beberapa hari.

“Banjir dan tanah longsor itu disebabkan saluran irigasi yang meluap dan adanya saluran air yang meluap. Sehingga menyebabkan air naik ke jalan,” ujar Julius.

Dia menambahkan, kondisi banjir yang menggenangi ruas jalan tidak berlangsung lama karena air luapan dari saluran irigasi surut dengan cepat.

“Kami dari Kepolisian bersama warga langsung turun melakukan pembersihan terhadap ranting-ranting kayu yang menyumbat saluran air penyebab terjadinya banjir,” kata Julius.

Sementara itu, Kadis PUPR Kolut, Mukramin yang mendapat informasi itu akan menurunkan alat berat untuk melakukan pembersihan saluran irigasi yang tersumbat hingga menyebabkan terjadinya banjir.

“Kita akan lakukan pembersihan dengan alat berat, agar saluran airnya lancar dan tidak terjadi banjir lagi,” jelasnya.