Pementasan Tari 4 Etnis Meriahkan Puncak Perayaan HUT Sultra ke-57

  • Whatsapp
HUT Sultra ke-57
Penari dari berbagai etnis saat meriahkan puncak HUT Sultra ke-57, Selasa (27/4/2021) Foto. Isra Waode/metrokendari.id
hotel venus kendari

Kendari – Hari Ulang Tahun Provinsi Sulawesi (Sultra) yang ke 57 tahun di gelar dengan begitu meriah. Mulai dari pemutaran video sejarah Sultra, upacara pembukaan hingga menampilkan tarian 4 etnis yang ada di Sultra yang di namakan tarian kolosal.

Koreografer Sanggar Tari Indonesian Performing Art, Akbar mengatakan tarian yang ditampilkan oleh sanggarnya merupakan tarian kolosal gabungan dari 4 etnis terbesar di Sultra, yakni Muna, Buton, Tolaki dan Bombana.

“Jadi, 4 itu yang saya gabungkan. Tadi itu menggambarkan simbolis ada kapal itu sesuai dengan jembatan pembangunan bapak Ali Mazi saat ini yaitu Garbarata pembangunan di daratan dan dilaut,” katanya saat ditemui Metrokendari usai perayaan Hut Sultra di salah satu hotel di Kota Kendari, Selasa (27/4/2021).

Akbar Menjelaskan, tari Kolosal merupakan tarian yang jumlahnya lebih dari sepuluh orang.

“Karena ini momen ulang tahun Sultra, jadi saya mengangkat semua etnis yang ada di Sultra. Memang satu kesatuan itu kita berbeda-beda tapi sesungguhnya untuk jenis tarian atau budaya itu sesungguhnya sama hanya tentang kita tinggal didaratan dan di kepulauan,” terangnya.

Selain itu, lebih lanjut dikatakan Akbar, Pihaknya selalu siap menampilkan tarian-tarian terbaik Sultra sesuai dengan tema kegiatan yang diangkat.

“In sha allah selama pandemi ini tidak menghalangi karena mungkin bulan September akan ada kegiatan serupa sejenis ini yaitu Expo,” jelasnya.

Ia menambahkan, expo yang akan digelar nanti akan mengangkat tarian kearifan lokal namun dengan konsep yang dibuat secara moderen.