Peduli Masyarakat Konut, PT Tiran Mineral Serahkan Bantuan Pembangunan Masjid

  • Whatsapp
bantuan PT Tiran Mineral
Bupati KOnut, Ruksamin menerima bantuan pembangunan masjid secara simbolis dari PT Tiran Mineral, Rabu (24/6/2021) Foto. Istimewa
hotel venus kendari

Kendari – Perusahaan PT Tiran Mineral gencar melaksanakan kegiatan sosialnya dalam upaya mendukung program pemerintah darah Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara.

Nampaknya tidak hanya sekedar ucapan janji belaka, PT Tiran Mineral membuktikan komitmennya dengan memberikan bantuan pembangunan sebuah masjid di daerah Konut.

Bacaan Lainnya

Humas PT Tiran Mineral, La Pili mengatakan, pemberian bantuan bangunan masjid itu merupakan bentuk kepedulian pihak perusahaan untuk warga di daerah Konut.

“Pembangunan masjid ini bagi warga Konawe Utara terasa cukup menggetarkan, bagaimana tidak, warga memang telah lama menantikan adanya rumah ibadah yang megah, nyaman, sejuk dan bisa menjadi kebanggaan warga Konawe Utara. Masjid juga menjadi simbol relijiusitas warga Konawe Utara yang mampu semakin mendekatkan warga dengan Sang Pencipta. Hal inilah yang diwujudkan oleh PT. Tiran,” ujarnya.

Mantan anggota dewan itu menambahkan, bantuan lainnya juga dilakukan oloeh PT Tiran Mineral yaki dengan membagi-bagikan 5 kilogram (Kg) gula pasir untuk masyarakat Konut.

Baca Juga : Pengamat Tambang : Hadirnya PT Tiran Mineral Beri Dampak Positif Masyarakat

“Komitmen teguh PT. Tiran dalam setiap aktivitas usahanya adalah mengedepankan kemaslahatan warga sekitar. Ini memang menjadi harga mati yang diperlihatkan PT. Tiran di seluruh unit usaha yang dilakukan,” ucapnya.

Selain itu, lanjut La Pili, kehadiran PT Tiran Mineral di daerah Konut juga memberi peluang dengan menciptakan lapangan kerja untuk warga sekitar. Tercatat, telah sebanyak 800 warga yang telah direkrut untuk bekerja di perusahaan tersebut.

Satu lagi hal yang patut mengundang decak kagum sebagai wujud kepedulian dan komitmen kepada kesejahteraan warga sekitar, PT. Tiran juga memperkerjakan kurang lebih 800 warga lokal untuk turut membangun bersama Konawe Utara.

“Salah satu faktor yang menyebabkan mengapa PT. Tiran demikian peduli dengan warga lokal adalah karena PT. Tiran dimiliki oleh asli pribumi yang mampu merasakan denyut hati nurani warga lokal. Rasa kemanusiaan yang menjulang ini ditempa karena keberadaan PT. Tiran memang berangkat dari nol. Kerja keras dan pantang menyerah adalah bagian yang tak terpisahkan dari keberadaan PT. Tiran. Kedekatan dengan masyarakat adalah ‘napas’ yang menggerakkan seluruh aktivitas usaha perusahaan ini,” ungkapnya.

Baca Juga : Terungkap! Sebelum PT Tiran Mineral Hadir, Ada Penambang Ilegal di Lahan Eks PT Celebes

Bupati Konut Apresiasi PT Tiran Mineral

Bantuan bangunan masjid itu disambut baik oleh Bupati Konut, Ruksamin. Ia mengatakan bantuan dari PT. Tiran itu merupakan yang terbesar dari pengusaha yang pernah diterima Kabupaten Konawe Utara.

“Alhamdulillah, kami sangat berterimakasih atas kepedulian dan bantuan yang telah diberikan PT. Tiran. Selama ini belum ada yang memberi sumbangan senilai itu,” kata Ruksamin, Rabu (24/6/2021).

Menurut Ruksamin, pembangunan masjid tersebut telah lama direncanakan, namun baru terwujud ketika mendapat bantuan dari PT. Tiran Mineral.

“Saya sendiri yang menerima langsung bantuan tersebut dan hari ini kabarnya ada 5 truk 10 roda yang membawa bahan bangunan untuk pembangunan masjid,” ucapnya.

Tanggapan Tokoh Warga Konut

Hal senada juga diungkapkan oleh seorang tokoh warga setempat, Risman Usman. Ia menyampaikan apresiasinya terhadap kepedulian PT Tiran Mineral terhadap masyarakat dengan adanya bantuan masjid tersebut.

“Kami warga Konawe Utara sangat mengapresiasi dan berterimakasih atas kepedulian dan komitmen dari PT. Tiran untuk membangun ekonomi Konawe Utara serta mengangkat kesejahteraan masyarakat sekitar,” kata Risman.

Risman memastikan, ia bersama masyarkat di Konut akan mendkung penuh kehadiran PT Tiran Mineral di tanah Bumi Oheo itu.

“Bila ada pihak yang melakukan protes dan ketidaksetujuannya terhadap keberadaan pabrik smelter PT. Tiran, itu adalah oknum. Atau bisa saja mereka itu adalah bagian dari penambang ilegal seperti yang pernah diberitakan di media,” tandasnya.

PT. Tiran, lanjur Risman, bukanlah perusahaan baru di Konawe Utara. Kiprah PT. Tiran di Konawe Utara dengan perkebunan sawitnya sudah berlangsung 20 tahun.

Bukan hanya itu, kontribusi PT. Tiran juga terlihat nyata dari sektor usaha perkebunan dan pabrik gula dengan ikut menstabilkan harga gula di Kawasan Timur Indonesia (KTI), khususnya Sulawesi Tenggara (Sultra).

“Dan selama 20 tahun itu, komitmen usaha PT. Tiran patut diacungin jempol. Kami sama sekali tidak pernah mendengar PT. Tiran membuat masalah apalagi melanggar hukum. Inilah yang membuat kami sangat mendukung keberadaan PT. Tiran Mineral”, pungkasnya.

Sementara Hunas Tiarn Group H. La Pili S.Pd saat dihubungi mengaku bersyukur atas berjalannya program ini semoga warga setempat bisa memanfaatkannya dengan sungguh dalam melaksanakan Ibadah kepada Allah SWT.

“Tak lupa pula temtunya kami mengucapkan terima kasih yang sebeaar-besarnya kepada Pemda Konut dan jajarannya serta warga setempat yang selalu memberikan dukungan kerjasama yang sangat baik kepada kami selama ini, semoga hubungan yang baik ini bisa terus terjaga sampai dimasa-masa yang akan datang,”tutupnya