Mengenal Tradisi Pesta Nelayan Masyarakat Pesisir Butur di Bulan Oktober

  • Whatsapp
Pesta Nelayan
Pesta nelayan, acara syukuran yang digelar oleh masyarakat pesisir Desa Malalanda, Kulisusu, Butur, pada Sabtu (9/10/2021) Foto. Shun Waode/metrokendari.id

Buton Utara – Masyarakat pesisir Desa Malalanda, Kecamatan Kulisusu, Kabupaten Buton Utara (Butur), Sulawesi Tenggara, mengelar acara pesta nelayan yang dirangkaian dengan doa bersama.

Pesta nelayan merupakan sebuah hajatan bentuk ucap syukur warga hasil tangkapan ikan yang melimpah. Acara itu rutin digelar pada setiap setahun sekali yang jatuh pada bulan Oktober.

Bacaan Lainnya

“Ini merupakan pesta rakyat yang diselenggarakan setiap tahunya, dan ini sudah ke enam kalinya diadakan. Iya, setiap tanggal 9 bulan 10 pasti diadakan dan untuk kedepanya kami bekerjasama dengan dinas Pariwisata dan Kebudayaan Butur untuk meningkatkan dan melestarikan budaya ini,” ucap Kepala Desa Malalanda, Muhammad Nasir saat ditemui metrokendari.id pada Sabtu (9/10/2021).

Baca Juga : Puluhan Warga di Butur Demo Tuntut Perbaikan Jalan Rusak

Nasir menceritakan awal keberadaan Pesta Nelayan yang rutin degelar oeh masyarakat Desa Malalanda. Dahulu, kata Nasir, warga Desa setempat mendapat bantuan perahu nelayan (katinting). Lalu ada seorang warga yang menggelar acara syukuran.

“Itu berawal dari warga yang menerima bantuan katinting sebanyak 40, mulai dari situ warga menjadikan mata pencaharianya sebagai nelayan dan pada saat itu juga dikalenderkan setiap tanggal 9 bulan 10,” tuturnya.

Acara yang digelar oleh masyarakat nelayan tersebut, diketahui diadakan dengan swadaya dan dinikmati oleh semua warga di Desa itu.

Kegiatan tersebut turut dihadiri Wakil Bupati Buton Utara, Ahali, Sekda Hardhy Muslim dan beberapa kepala OPD lingkup Butur.