Melihat Lebih Dekat Kampung Literasi Media di Lapulu Binaan FISIP UHO

  • Whatsapp
Kampung Literasi Media
Penandatangan MOU program Kampung Literasi Media di Kelurahan Lapulu, Kota Kendari, Rabu (14/7/2021) Foto. IST
hotel venus kendari

Kendari – Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) Universitas Halu Oleo (UHO), La Tarifu melakukan penandatangan Memorandum Of Understanding (MoU) dengan Lurah Lapulu sebagai kelurahan binaan kampung literasi media di kantor Kelurahan Lapulu, Rabu (13/7/2021).

Kata dia, pemilihan Kelurahan Lapulu sebagai kampung binaan karena sesuai dengan visi misi UHO bahwa ingin mengembangkan, memajukan daerah-daerah pesisir dan pedesaan di Sulawesi Tenggara.

“Dan Kelurahan Lapulu merupakan salah satu kelurahan yang berada di pesisir dan ini juga sangat selaras dengan visi misi UHO yang juga kemudian diturunkan di Fisip. Yang mana, Visi dan misi itu terus kita pacu sehingga kemudian salah satu bentuk partisipasi dosen, kampus pada hari ini kita mencoba melakukan bentuk kerja sama,” ujarnya.

Baca Juga : Percepat Penanganan Covid-19, Polsek KP3 Bentuk Kampung Tangguh di Kendari

Penandatanganan MOU Kampung Literasi Media

Ia mengaku, setelah penandatanganan MoU hari ini, Fisip terutama di jurusan Jurnalistik akan menyusun program kerja yang dibutuhkan masyarakat setempat.

“Sebelum menyusun program kerja kita akan melihat lebih dekat bagaimana profil Kelurahan Lapulu ini, sehingga kemudian kita betul-betul menyusun program kerja yang bisa dibutuhkan masyarakat disini, melalui dosen dan mahasiswa Fisip kedepannya akan berbagi pengalaman, pengetahuan kemudian dapat di transfer ke masyarakat,” terangnya.

Selain itu, ia juga berharap, kerja sama itu dapat terus berlanjut sehingga kedepannya ada hal-hal yang berubah di Kelurahan Lapulu yang dapat dirasakan
oleh masyarakat setempat.

Baca Juga : Jajal Usaha di Tengah Pandemi, BPU UHO Latih Mitranya Promosi Secara Online

Sementara itu, Ketua Jurusan Jurnalistik, Marsia Sumule mengatakan, dalam MoU itu terdapat beberapa program yang akan dilakukan di masyarakat Kelurahan Lapulu, yakni memberikan pemahaman, menambah pengetahuan dan wawasan masyarakat, untuk bagaimana menggunakan media digital terutama media sosial untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Kemudian memberikan pelatihan-pelatihan kepada masyarakat agar nantinya mereka itu bisa memiliki kemampuan cakap digital. Karena cakap digital itu tidak hanya mereka mampu menggunakan alat-alat digitalisasi komunikasi dan informasi, tetapi mereka juga memiliki sebuah kebijaksanaan dalam menggunakan media digital maupun media sosial,” imbuhnya.