Lahan Pemakaman di TPU Punggolaka Mulai Krisis Sejak Covid-19 Meningkat di Sultra

TPU Punggolaka
Kantor UPTD TPU Punggolaka, Kota Kendari, Sultra (Dok. Yondris Puamalo/metrokendari.id)

Kendari – UPTD Taman Pemakaman Umum (TPU) Punggolaka, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), mencatat jumlah jenazah yang dimakamkan sejak pandemi Covid-19, mengalami peningkatan drastis.

Kepala UPTD TPU Punggolaka, Idris mengatakan, peningkatan terjadi pada Juni 2021 dan tidak pernah absen setiap harinya untuk pasien Covid-19 yang dimakamkan.

“saat ini jenazah yang dimakamkan akibat covid-19 mencapai 22 jenazah. Pasca Mei 2021, jenazah sontak meningkat, seharinya selalu ada yang kami makamkan,” ujar Idris kepada metrokendari.id Jumat (9/7/2021).

Idris menerangkan, lahan pemakaman umum sebelumnya nyaris penuh. Sehingga pemerintah kembali menyiapkan lahan seluah 1 Hektar are (Ha) untuk pemakaman umum dan pasien Covid-19.

Baca Juga :Gubernur Sultra Intruksikan Seluruh Kepala Daerah Terapkan PPKM Mikro Hingga ke Desa

“Saat ini sudah stengah hektare yang terpakai yang kami pisahkan dengan lokasi pemakaman umum,” terangnya.

Untuk proses pemakaman, lanjut Idris, mengaku kewalahan akibat pemakaman jenazah Covid-19 terus meningkat. Kendati demikian, pihaknya telah memiliki tim khusus yang bertugas menangani jenazah pasien Covid-19 di TPU Punggolaka, Kota Kendari.

“Mereka selalu siaga di tempat, bahkan sebentar ada lagi yang dimakamkan di sini, sementara dalam perjalanan,” tandasnya.

Baca Juga :Terapkan PPKM Mikro, Akses Masuk Kota Kendari Hingga Tempat Ibadah Dibatasi