Kondisi Jalan Rusak di Baruga Semakin Parah, Tanggung Jawab Siapa?

  • Whatsapp
Baruga
Kondisi jalan depan SMA 5 Baruga, Jalan Brigjen Katamso, Kecamatan Baruga, Kota Kendari, Sultra, Rabu (19/5/2021) Foto. metrokendari.id
hotel venus kendari

Kendari – Kondisi Jalan Brigjen Katamso yang tepat berada di depan SMA 5 Baruga, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), kondisinya kini semakin memperihatinkan.

Bagaimana tidak, sejak jalan itu rusak tidak pernah tersentuh perhatian pemerintah untuk dilakukan perbaikan.

Bacaan Lainnya

Padahal, jalan itu menjadi jalur utama perekonomian warga yang menghubungkan Kota Kendari dan beberapa daerah di Sultra.

Bahkan akibat kondisi tersebut, menyebabkan arus lalu lintas terhambat dan tidak jarang terjadi kecelakaan di jalan yang penuh kubangan itu.

Baruga
Terlihat seorang pengendara mencoba cari jalan bagus di tengah kubangan jalan, Rabu (19/5/2021) Foto. metrokendari.id

Salah seorang warga setempat, Andi mengatakan, sebelumnya pernah dilakukan pemblokiran dengan memasang palang kayu di jalan tersebut sebagai bentuk aksi protes.

“Kami bersama warga pernah memblokade jalan disini, karena kondisinya sudah sangat parah. Itu dilakukan agar ada perhatian pemerintah terhadap jalan di depan rumah kami yang sudah lama tidak pernah dapat perbaikan,” kata Andi saat ditemui metrokendari.id

Meski telah dilakukan aksi tersebut, nampaknya masih juga tidak membuat Dinas terkait untuk serius memperbaiki jalan tersebut. Nyatanya, hingga kini kondisi jalan semakin parah dan dibiarkan rusak.

“Pernah hanya ditimbun saja pakai tanah timbunan, tapi setelah hujan rusak lagi karena dibawa hanyut banjir. Disini itu asal sudah hujan deras pasti banjir bahkan tingi debet air sampai selutut orang dewasa. Sampai mobil tidak bisa lewat,” ungkap Andi.

Dia juga mempertanyakan anggaran Pemerintah Provinsi Sultra yang diporsikan untuk perawatan jalan. Sebab, hingga kini belum ada kepastian dari instansi terkait yang bertanggung jawab peroalan jalan rusak itu.

“Ini kita mau tanyakan ada anggarannya atau tidak, kalau tidak ada harus dicarikan solusi. Jangan dibiarkan ini berlarut-larut, sebab kita sebagai masyarakat kecil tidak tau harus mengadu kemana lagi,” tandasnya.

Hingga berita ini dinaikan, awak media ini masih berupaya untuk mengkonfirmasi ke pihak dinas terkait mempertanyakan terkait status jalan rusak di Baruga itu.