Kacaunya Porprov Sultra ke XIV di Buton, Mulai Wasit Dikeroyok Hingga Tak Ada Papan Skor

Porprov Sultra
Detik-detik wasit dikeroyok pemain saat laga Cabor sepak bola di Porprov Sultra ke XIV Buton

METROKENDARI.ID – Pekan Olahraga Provinsi Sulawesi Tenggara (Porprov Sultra) ke XIV 2022 yang berlangsung di Kabupaten Buton, jadi sorotan publik.

Bagaimana tidak, ajang kejuaraan tingkat Provinsi Sultra itu, kerap munculnya berbagai persoalan. Mulai saat pembukaan hingga laga pertandingan.

Berikut deretan soal insiden yang terjadi di Porprov Sultra ke XIV 2022 Buton

  1. Opening Seremoni Molor

Pembukaan Porprov Sultra yang digelar di Kabupaten Buton, tidak sesuai jadwal (molor), pada Sabtu 26 November 2022 malam.

Pantauan metrokendari.id saat di lokasi, jadwal seharusnya acara dibuka pada 19.00 WITA, namun pada pukul 21.00 WITA baru dibuka. Akibat hal itu, tidak sedikit para kontingen atlit yang pergi meninggalkan arena lapangan pembukaan Prorprov Sultra.

  1. Wasit Dikeroyok Pemain

Seorang wasit bola nasional asal Kabupaten Muna, dilarikan ke rumah sakit usai dikeroyok dan dipukul hingga pingsan oleh suporter bola asal Kota Baubau. Peristiwa ini terjadi saat pertandingan sepak bola di Porprov Sultra, pada Selasa (29/11/2022).

Wasit tersebut diketahui bernama La Baisu (52), salah seorang wasit senior PSSI Sulawesi Tenggara asal Kabupaten Muna. Saat kejadian, dia memimpin pertandingan antara tim sepak bola Baubau dan Buton.

Insiden itu terjadi saat seorang pemain asal Kota Baubau, melakukan sebuah tekel keras terhadap pemain asal Buton. Pemain asal Buton terjatuh dan kesakitan. Wasit pun meniup peluit tanda pelanggaran.