Jeritan Pedagang Depan SMA 5 di Baruga, Gulung Tikar Akibat Jalan Rusak

  • Whatsapp
Jalan Rusak Baruga
Warga blokade jalan depan SMA 5 Kendari sejak beberapa hari. Dok, metrokendari.id

Kendari – Kerusakan parah di Jalan Brigjen M.Katamso yang berlokasi di depan SMA 5 Negeri Kendari, Kecamatan Baruga, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), berdampak buruk terhadap warga setempat.

Tidak hanya menjadi pemicu terhambatnya transportasi, namun juga berdampak pada perekonomian sebagian usaha pedagang di sepanjang jalan tersebut.

Bacaan Lainnya

Salah satu dampaknya, tidak sedikit usaha dagangan kalangan kecil maupun menengah mengalami kerugian. Bahkan, beberapa diantaranya warga terpaksa gulung tikar dan menututup usahanya yang merugi akibat sepi pembeli.

Baca Juga : Kondisi Jalan Depan SMA 5 Baruga Semakin Parah, Kendaraan Jadi Korban

Seperti yang terlihat di jejeran sepanjang jalan rusak di kawasan itu, beberapa rumah makan hingga rumah toko (Ruko) ini sudah tidak buka berjualan lagi.

Andi, salah seorang pedagang menuturkan, sejak jalan di depan rumahnya rusak dan tidak dapat perbaikan, usahanya sepi dan merugi akibat sepi pembeli.

“Ya bagaimana mau tidak sepi pak, orang mau lewat sini saja sudah berpikir karena jalannya rusak. Kalau dulu ramai lewat dan orang singga belanja, tapi sekarang orang lewat hanya untuk bagaimana bisa selamat dari jalan rusak parah itu,” tuturnya kepada metrokendari.id, Senin (27/9/2021).

Dia mengaku tidak ada pilihan lain terpaksa memilih menututup dagangannnya karena telah kehabisan modal dan tidak ada pemasukan.

Baca Juga : Jalan Rusak Parah Tak Kunjung Diperbaiki, Warga Blokir Jalan di Baruga

Andi berharap, pemerintah segera memperbaiki jalan rusak di depan SMA 5 Kendari itu, agar ia bisa kembali berjualan.

“Banyak mi disini yang usahanya tutup karena sepi pembeli. Penyebab utamanya akibat jalan itu rusak sudah tidak ada yang lewat, orang sudah lewat jalur lain sekarang. Besar harapan kami, jangan didiamkan terlalu lama itu jalan rusak, kalau bisa biar mi timbun-timbun saja tapi yang bagus biar ramai lagi yang lewat kendaraan,” harapnya.

Pemkot Kendari