Jelang Paskah, Pasukan Brimob Tingkatkan Pengamanan Gereja di Sultra

  • Whatsapp
Brimob Amankan Gereja
Personel Brimob bersama TNI amankan Gereja di Kota Kendari, Juamt (2/4/2021) Foto. metrokendari.id
hotel venus kendari

Kendari – Puluhan dari personel Gegana Brimob Polda Sulawesi Tenggara (Sultra), melakukan pengamanan terhadap sejumlah tempat ibadah umat Kristiani Gereja.

Objek pengamanan Gereja tidak hanya dilakukan di Kota Kendari, namun juga di beberapa daerah lainnya sperti Kolaka Utara (Kolut) dan Kota Baubau.

Bacaan Lainnya

Dansat Brimob Polda Sultra, Kombes Pol Adarma Sinaga melalui Kabag Ops AKP Asri Diyni mengatakan, proses pengamanan dilaksanakan dengan metode patroli yang berpakaian lengkap anti peluru dan persenjataan serta membawa kendaraan taktis.

“Intruksi dari pimpinan pusat bahwa pelaksanaan pengamanan dilakukan mulai dari 1-4 April 2021. Jumlah personel yang terjun mulai hari ini ada sebanyak 2 regu terdiri dari 22 personel Brimob yang melakukan pengamanan di Gereja Kota Kendari,” ujar Asri kepada metrokendari.id Jumat (2/4/2021).

Pengamanan itu digelar, lanjut Asri, untuk sebagai bentuk langkah siaga dan antisipasi terjadinya ancaman berbahaya. Selain itu, untuk memberikan rasa aman dan nyaman terhadap umat Kristiani yang menjalankan ibadah dalam ragkaian hari peringatan Wafatnya Isa Almasih dan Hari Paskah pada Minggu (4/3/2021).

“Jadi hari ini dua regu dari Brimob Polda Sultra sudah berkeliling, bahkan sejak kamarin malam giat pengamanan sudah dilakukan. Pada kegaitan pengamanan ini juga ada dari Polda Sultra namun mereka sudah terbagi sendiri jumlah personelnya. Kita pastikan, semua tempat Gereja di Kota Kendari aman dari ancaman bahaya, agar saudara kita yang beribadah juga merasa tenang,” ucapnya.

Sebagai bentuk ansitipasi ancaman, sebanyak 1 SSK Brmob Nusantara juga telah disiagakan di Mako Brimobda Sultra yang saat ini sedang standby.

“Jadi kita siapkan khusus 1 SSK pasukan Brimob Nusantara, ini disiapkam jika terjadinya kemungkinan ancaman dan kondisi darurat mereka akan diterjunkan,” jelas Asri.

Laporan. Wayan Sukanta