Jajal Usaha di Tengah Pandemi, BPU UHO Latih Mitranya Promosi Secara Online

BPU UHO
Pembukaan kegiatan pelatihan BPU UHO dibuka oleh rektotr UHO, Profesor M Zamrun (tengah) di salah satu hotel Kota Kendari, Rabu (7/7/2021)

Kendari – Puluhan mitra Badan Pengelola Usaha (BPU) mengikuti pelatihan Manajemen Pengelolaan Usaha pada pengelola kantin dan foto copy dalam lingkup Universitas Halu Oleo (UHO) di masa pandemi Covid-19 yang digelar di salah satu hotel di Kota Kendari, Rabu (7/7/2021).

“Kegiatan kami kali ini adalah bagaimana mengembangkan kemampuan dan kreativitas mereka apalagi kita tau kan sekarang masa pandemi Covid-19. Jadi seperti pemasaran itu tidak bisa lagi bahkan dibatasi untuk pemasaran secara langsung,” ujar Kepala BPU UHO, Muhamad Masri.

Kata dia, dengan adanya pelatihan itu dapat melatih kreativitas mereka untuk melakukan pemasaran-pemasaran secara online.

“Itulah yang bisa kami lakukan untuk bisa meningkatkan kemampuan dan kreativitas yang dimiliki oleh mitra kami yaitu pengelola kantin dan foto copy,” ungkapnya.

Lanjutnya, bentuk pelatihan yang diberikan, yakni bagaimana penyusunan laporan keuangan dan kiat-kiat berbisnis secara online.

“Karena bagaimana pun juga, kalau laporan keuangan meraka itu rapi, bagus maka usahanya juga akan semakin berkembang dan bagus juga,” jelasnya.

Selain itu, hal ini juga dapat menjadi syarat jika mereka ingin bermitra dengan bank, karena menurutnya meminjam uang di bank harus memiliki laporan keuangan yang rapi. Sehingga dapat meningkatkan pengelolaan usahanya dari yang tradisional menjadi moderen.

Ia menyebutkan, mitra kantin dan foto copy di setiap fakultas di UHO yang di Kontrak pada 2020 sebanyak 41 kantin dan foto copy.