Inilah 3 Daftar Cawapres yang Diusulkan PKS untuk Dampingi Anies Pada Pilres 2024

Cawapres
Inilah 3 Daftar Cawapres yang Diusulkan PKS untuk Dampingi Anies Pada Pilres 2024

METROKENDARI.ID – PKS membuka ruang mengusung Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai calon presiden (capres). PKS memiliki sejarah dan hubungan yang panjang dengan Anies Baswedan.

“Kalau dari sisi capres, sosok Gubernur Anies Baswedan memang menjadi yang terkuat dalam pembahasan tiga partai. Bagi PKS, meskipun Anies bukan kader, tetapi Anies memiliki sejarah kebersamaan dengan PKS saat di DKI. Kader-kader PKS juga menerima sosok Anies. NasDem juga sudah jelas deklarasi usung Anies. Bagi Demokrat, sosok Anies juga oke,” kata Juru Bicara PKS Muhammad Kholid kepada wartawan, Kamis (13/10/2022).

Menurut PKS, saat ini yang perlu dipersiapkan adalah siapa calon wakil presidennya. PKS sendiri mengusulkan 3 nama yang dirasa cocok mendampingi Anies Baswedan.

“PKS misalnya, aspirasi kader kami ingin kader-kader terbaik kami juga maju dalam kontestasi pilpres. PKS ajukan beberapa nama misalnya Ahmad Heryawan yang berpengalaman sukses memimpin Jawa Barat selama 10 tahun, Irwan Prayitno yang berhasil pimpin Sumatera Barat selama dua periode, atau Hidayat Nur Wahid, tokoh nasional yang memimpin MPR RI sudah 3 periode,” kata Kholid.

Menurut PKS, ada tiga hal penting yang perlu dipertimbangkan dalam menentukan pasangan capres-cawapres, yaitu melihat tingkat peluang kemenangannya, cocok satu sama lain atau saling melengkapi, dan yang paling diterima oleh tiga partai (PKS, NasDem, dan Demokrat.

“Yang paling tinggi peluang menangnya. Yang paling cocok (dwi tunggal), saling melengkapi. Yang paling diterima oleh tiga partai,” pungkas Kholid.