Ini Cara BI Sultra Atasi Peningkatan Tranksaksi E-commerce Jelang Lebaran 2021

  • Whatsapp
Bank Indonesia
Kepala Perwakilan BI Sultra, Bimo Epyanto
hotel venus kendari

KendariBank Indonesia Perwakilan Sulawesi Tenggara (Sultra), dorong jasa penyedia layanan sistem pembayaran untuk menjamin keamanan transaksi nasabah saat lebaran Idul Fitri 2021.

Hal itu didorong untuk memberikan kenyamanan terhadap masyarakat yang akan melakukan tranksaksi e-commerce di berbagai Bank jelang Lebaran Idul Fitri.

Bacaan Lainnya

“Berdasarkan data kami terjadi adanya peningkatan dari segi transaksi jelang lebaran tahun ini. Olehnya itu, kami mendorong jasa penyedia layanan sistem pembayaran untuk memastikan sistem keamanannya ditingkatkan untuk kelancaran transaksi,” ujar Kepala Perwakilan BI Sultra, Bimo Epyanto saat menggelar bincang bareng media melalui virtual zoom, Senin (10/5/2021).

Selain itu, lanjut Bimo, terkait penyelesaian permasalahan antara nasabah dengan Bank terkait transaksi bukan wewenangnya dia.

Namun, BI tetap berperan sebagai mediator untuk menyelesaikan permasalahan antara nasabah dengan Bank tertentu.

“Peran BI hadir untuk memediasi antara nasabah dengan pihak tertentu jika terjadi permasalahan soal transaksi pembayaran. Jika pihak Bank tersebut tidak ada tanggapan, bisa lapor ke kami untuk kami tindak lanjuti,” ucapnya.

Terkait hal itu, Bimo menyebutkan BI kedepan akan menciptakan sebuah sistem mutakhir untuk mempercepat dan mempermudah layanan transaksi nasabah.

“Kedepan ita sudah rencanakan untuk membangun sebuah sistem untuk mempercepat transaksi. Sistem ini akan bekerja dalam 24 jam selama 7 hari perminggu. Kalau ditransver sekarang dan langsung diterim sat itu juga, jadi tidak ada delay atau keterlambatan,” jelasnya.