Hasil Pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2022 Eropa, Swiss vs Italia: Skor 0-0

  • Whatsapp
Piala Dunia Eropa 2022
Gelandang Italia, Jorginho, kala melakukan eksekusi penalti dalam laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 versus Swiss di St Jakob-Park, Basel, 5 September 2021.(FABRICE COFFRINI/AFP)
hotel venus kendari

Jakarta – Swiss menahan imbang Italia 0-0 di laga matchday 5 Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa di St Jakob Park, Senin (06/09/2021) dini hari WIB.

Swiss membuat lima pergantian pemain dari skuat yang terakhir kali bermain melawan Yunani di laga uji coba. Sementara itu Italia mengganti empat pemain dari tim yang sebelumnya berduel lawan Bulgaria.

Bacaan Lainnya

Italia mampu mendominasi laga dan menghasilkan sejumlah ancaman. Namun mereka gagal memanfaatkan peluang-peluang yang didapatnya.

Italia bahkan sempat mendapat hadiah penalti. Akan tetapi eksekusi Jorginho bisa diselamatkan Yann Sommer.

Babak Pertama

Swiss berusaha tancap gas sejak menit pertama. Namun Italia berusaha meredam permainan mereka dengan memainkan tempo permainan.

Italia akhirnya mendapat peluang apik pada menit ke-12. Immobile menyelinap ke belakang pertahanan Swiss dan melepas tembakan namun berhasil diblok lawan. Bola rebound kemudian disambar oleh Insigne, tapi sayang bola masih mengenai lengan Sommer.

Pada menit ke-18, Italia melepas serangan balik. Sayang Berardi kemudian gagal menaklukkan Sommer.

Pada menit ke-34, Insigne mengancam gawang Swiss lagi. Setelah mendapat umpan dari Locatelli, ia mencoba membuat bola melaju melengkung ke tiang jauh. Sayang bola masih melambung di atas pojok kiri atas gawang Swiss.

Pada menit ke-42, Swiss akhirnya mendapat peluang. Namun sundulan Akanji gagal membuahkan gol karena bola melipir tipis ke samping gawang Italia.

Pada menit 45+3 Italia nyaris mencetak gol melalui Insigne. Ia melepas tendangan bebas yang kemudian ditepis oleh Sommer. Laga babak pertama kemudian berakhir tanpa gol.

Babak Kedua

Italia berusaha kembali mendominasi pertandingan. Usaha mereka kemudian mendapatkan ganjaran pada menit ke-50.

Wasit menghadiahkan penalti. Sebab Ricardo Rodriguez dianggap melanggar Domenico Berardi di kotak terlarang. Pemain Swiss sempat memprotes wasit namun setelah dilihat melalui VAR, wasit memastikan bahwa Italia memang pantas mendapat penalti.

Sayang seribu sayang, eksekusi Jorginho kali ini gagal. Sommer membaca arah bola dan bergerak ke kiri untuk menyambut si kulit bundar ke dalam pelukannya.

Pada menit ke-72, Insigne kembali mengancam gawang Swiss. Namun bola dengan tendangan kaki kirinya masih bisa dimentahkan oleh tangan kiri Sommer sembari berguling. Bola sempat melambung namun sekali lagi Sommer bisa mengamankan peluang tersebut.

Setelah itu Swiss tampil makin pede. Permainan mereka bisa berkembang. Laga menjadi menegangkan.
Namun Italia malah mendapat peluang apik lagi. Pada menit ke-82, Chiesa menyerang dari sayap kanan dan melepas tendangan keras ke pojok gawang. Tapi lagi-lagi Sommer bisa menetralisir ancaman tersebut.

Setelah itu Italia terus kembali berusaha menggedor pertahanan Swiss. Namun tak ada gol yang tercipta. Laga ini pun berakhir imbang 0-0.

Susunan Pemain

Swiss (4-3-2-1): Yann Sommer (c); Silvan Widmer, Nico Elvedi, Manuel Akanji, Ricardo Rodriguez; Michel Aebischer, Djibril Sow, Fabian Frei; Renato Steffen, Steven Zuber; Haris Seferovic.

Pelatih: Murat Yakin

Italia (4-3-3): Gianluigi Donnarumma; Giovanni Di Lorenzo, Leonardo Bonucci, Giorgio Chiellini (c), Emerson; Nicolo Barella, Jorginho, Manuel Locatelli; Domenico Berardi, Ciro Immobile, Lorenzo Insigne.

Sumber. bola.net