Gubernur Sultra Resmi Buka STQH Sultra ke-XXVI 2021

  • Whatsapp
STQH Sultra 2021
Pembukaan STQH 2021 (Foto. KendariKota.go.id)

Kendari – Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Ali Mazi membuka Seleksi Tilawatil Qur’an dan Hadis (STQH) tingkat Sultra, Jumat (2/4/2021).

Pembukaan STQH diawali dengan pelantikan dewan hakim dan panitera yang akan memimpin pelaksanaan STQH sejak tanggal 2-6 April 2021.

Bacaan Lainnya

Gubernur Sultra Ali Mazi, memberikan apresiasi pada Pemerintah Kota Kendari yang telah bersedia menjadi daerah pertama yang menyelenggarakan STQH meskipun waktu yang diberikan sangat singkat yakni dua bulan.

“Untuk pertama kalinya penyelenggaraan STQH tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara diserahkan pada kabupaten/kota dan Kota Kendari menjadi tuan rumah pertama,” ujarnya.

“Persiapan pelaksanaan STQH praktis menyisakan waktu kurang lebih dua bulan. Luar biasa dalam waktu dua bulan Kota Kendari bisa melaksanakan STQH ini,” lanjutnya.

Gubernur juga mengaku hal lain yang berbeda dari penyelenggaraan STQH kali ini, karena penyelenggaraannya dilaksanakan di hotel.

Kepala Kementerian Agama Provinsi Sultra, Faesal Musaad meminta pada para khafilah, agar dalam bertanding tidak hanya mengutamakan juara atau kemenangan semata, namun tetap mengedepankan tujuan utama STQH memuliakan Al-Quran.

“Tujuan utama STQH adalah memuliakan kitab suci Al-Quran dan hadis nabi yang diturunkan sebagai petunjuk bagi orang-orang yang beriman,” ungkapnya.

Dia juga meminta pada seluruh kafilah untuk tetap menjaga dan membangun ukhuwah Islamiah diantara peserta dari seluruh kabupaten kota di Sultra.

Sementara itu Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir selaku tuan rumah melaporkan, sebanyak 263 kafilah yang lulus melalui pendaftaran online melalui E MTQ.

Para peserta akan bertanding pada 4 cabang lomba dan 20 golongan. Para kafilah lanjut wali kota penyelenggaraan STQH akan dipusatkan di Mesjid Agung Al-kautsar dan hotel Zahra.

” STQH dimaksudkan untuk menumbuhkembangkan pemahaman dan pengamalan isi kandungan Al Quran dan bertujuan untuk menyeleksi peserta terbaik yang akan mewakili Provinsi Sulawesi Tenggara pada STQH tingkat nasional di Provinsi Maluku Utara,” jelasnya.

Pembukaan STQH dihadiri Forkopimda Sultra, para bupati/wali kota, serta para OPD Pemkot Kendari dan para kafilah secara virtual.

Sumber. KENDARIKOTA.GO.ID

Pemkot Kendari