Dispar Kota Kendari Perkenalkan Tradisi Unik Pernikahan Adat Suku Muna

  • Whatsapp
Budaya Muna
Acara pembukaan pelatihan pengelan budaya Muna oleh Dispar Kota Kendari, Senin (29/3/2021) Foto. Isra Waode/metrokendari.id
hotel venus kendari

Kendari – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Kendari menggelar pelatihan tata cara pelaksanaan tradisi dan adat istiadat proses pernikahan serta pengurusan kematian masyarakat Muna di Kota Kendari di Kubra Hotel Kendari Senin, (29/3/2021).

Kegiatan tersebut diikuti oleh 200 orang tokoh adat Muna yang tersebar di 10 Kecamatan se Kota Kendari

Bacaan Lainnya

Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Kota Kendari, Abdul Rifai mengatakan melalui kebudayaan masyarakat Muna kedepannya dunia pariwisata akan mengangkat tradisi nilai-nilai budaya yang ada.

“Kita mulai dari sini nanti”, ujarnya.

Menurut Abdul, kebudayaan masyarakat Muna sangat unik sehingga perlu di perkenalkan dan dilestarikan karena merupakan potensi yang sangat mahal.

Lebih lanjut, dikatakan Abdul, kedepannya pihaknya akan mengangkat nilai-nilai budaya yang unik hingga ke tingkat nasional sehingga memperkenalkan bahwa Kota Kendari kaya akan budaya.

Untuk itu, Abdul berharap dengan adanya kegiatan ini masyarakat bisa hidup dalam suatu lingkungan masyarakat Kota Kendari yang harmonis dan selalu membawa kegiatan komunikasi secara humanis.

Sementara itu, di tempat yang sama, Ketua Kerukunan masyarakat Muna, La Ode khalifa mengatakan jika budaya tertata dengan baik maka pemerintah akan merasa tenang. Sehingga dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat menciptakan suasana yang kondusif untuk kelompok masyarakat Sulawesi Tenggara.

“Semakin intensif pembinaannya semakin aman daerahnya. Tapi kalau semakin di tinggalkan dia akan mencari bentuknya sendiri. Jadi saya kira ini adalah langkah yang paling tepat”, pungkasnya.

Laporan. Isra Waode