Dekranasda Butur Latih Warga Membuat Souvenir dan Kerajinan Tangan

  • Whatsapp
Kerajinan Tangan
Ibu-ibu rumah tangga di Butur dilatih buat souvenir dan kerajinan tangan, Rabu (3/11/2021) Foto. Shun Waode/metrokendari.id

Buton Utara – Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Buton Utara (Butur), Sulawesi Tenggara (Sultra), kembali menggelar pelatihan kerajinan tangan.

Kali ini Dekranasda menggelar pelatihan Cendramata atau Souvenir, kegiatan berlangsung dipelataran Rumah Jabatan (Rujab), Bupati, selama dua hari yang diikuti sebanyak 30 peserta. Rabu,(3/11/2021)

Bacaan Lainnya

“Kegiatan ini bertujuan meningkatkan pengetahuan, melatih keterampilan serta keahlian para pengrajin keterampilan pembuat pembuat cendramata yang ada di Butur,” ujar Muniarty M Ridwan, Ketua Dekranasda Butur. Rabu,(3/11/2021)

Muniarty M Ridwan mengatakan, dalam pelatiahan pembuatan cendramata/souvenir ini, menggunakan bahan bahan lokal yang dapat dimanfaatkan kembali oleh masyarakat. Sehingga bisa meningkatkan sumber ekonomi.

“Kebetulan kita akan menghadapi kegiatan Lasqi dan kita sebagai tuan rumah. Diharapkan nanti disetiap titik pelaksanaan lomba, kita membuat conter untuk promosikan souvenir kita,” ujarnya

Adapun cendramata atau souvenir yang bisa ditampilkan yakni pernak pernik rumah tangga, plakat, gantungan kunci dan masih banyak lainya.

Olehnya itu Muniarty M Ridwan berharap, kepada pengrajin yang telah mengikuti pelatihan agar bisa mengembangkan hasil kerajinanya.

“Saya berharap kepada semua pengrajin untuk terus mencari referensi. Jadi kita tidak ketinggalan, sesuai dengan tenunan kita. Dari hasil tenunan diaplikasikan menjadi sesuatu prodak yang cantik dan bermerek Buton Utara,” harapnya