Ciptakan Peluang Kerja Mandiri, Pemuda di Kendari Dilatih Jadi Barista

  • Whatsapp
Training Barista
Pelatihan dan training Barista yang digelar oleh Komunitas Kop Sultra, Sabtu (3/4/2021) Foto. Isra Waode/metrokendari.id

Kendari – Komunitas Penikmat Kopi (KPK) Sulawesi Tenggara (Sultra), menggelar traning Barista di Warkop The Eye Coffe, Sabtu (3/4/2021).

Kegiatan tersebut dilaksanakan mulai tanggal 3 sampai 4 April 2021 dengan jumlah peserta traning sebanyak 20 orang barista yang ada di Sultra.

Ketua KPK, Hary Purwanto mengatakan, traning bagi barista ini diselenggarakan untuk menggerakan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang ada di Kota Kendari.

“Jadi, niatnya kita sebenarnya biar mereka itu belajar meracik kopi dan nantinya menjadi pengusaha kopi yang mandiri,” Ujar Hary.

Hary menjelaskan, traning ini dilaksanakan melalui dua sesi yakni pemberian materi terkait filosofi kopi dan praktek pembuatan kopi yang baik dan benar bagi penikmatnya.

“Jadi, kita lebih banyak ke prateknya. Teorinya paling sejam saja,” Tuturnya.

Kendati demikian, Hary berharap Barista yang mengikuti traning bisa bersaing dengan para barista yang berada di luar Kota Kendari.

“Karena cita rasa yang kita cari. Jadi, kalau kita racik kopi ada ilmunya ada syariahnya. Kopi yang baik harus di perlakukan dengan yang baik pula, ” imbuhnya.

Sementara itu, di tempat yang sama, Kasi Pengembangan Ekonomi Kreatif Dispar dan Ekonomi Kreatif Sultra, Max Rhein berharap peserta traning hari ini dapat memperoleh sesuatu, baik itu pengembangan masa depan personality bagi peserta dan adanya ekploitasi atau pengembangan produk-produk kopi yang ada di Sultra.

“Dan inilah media atau hal yang penting untuk mereka kembangkan dan tentu sebagai penikmat kopi,” tandasnya.

Untuk itu, lebih lanjut, dikatakan Max tahun ini pihaknya akan membantu sebanyak 785 pelaku usaha termaksud usaha kuliner kopi terkait dengan pengembangan produk-produk pelaku usaha yang sudah disiapkan.