Cara Mudah Agar Websitemu Nomor 1 di Alexa Rank

  • Whatsapp
Alexa Rank
Gambar Alexa Rank

METROKENDARI.ID – Penasaran ingin tahu posisi situsmu dibandingkan kompetitor lainnya? Alexa rank adalah marketing tool yang bisa memberikan informasi ini.

Menurut Brandastic, memiliki peringkat yang bagus di mesin pencarian sangat penting bagi bisnis. Jika peringkatnya bagus, berarti banyak orang yang mengunjungi situsmu.

Nah, kepopuleran sebuah situs dapat dengan mudah ditemukan dengan Alexa rank. Ingin tahu lebih lanjut tentang tool ini? Yuk, simak artikel Glints berikut ini dan pelajari serba-serbinya.

Apa Itu Alexa Rank

Alexa rank adalah tool yang mengukur popularitas sebuah situs web. Jutaan situs dinilai dan ditampilkan oleh Alexa rank dengan angka 1 sebagai nilai yang paling tinggi.

Dengan Alexa rank, kamu bisa mengetahui apakah situsmu sudah cukup baik, biasanya dari aspek search engine optimization (SEO).

Oleh karena itu, meninjau Alexa rank adalah cara yang baik untuk menyusun KPI dan benchmarking serta melakukan analisis kompetitor.

Aspek-aspek yang menjadi pertimbangan ranking Alexa adalah traffic situs dan engagement penggunanya selama tiga bulan ke belakang.

Informasi traffic dan engagement diperoleh dari aktivitas selancar internet yang orang-orang lakukan pada global panel Alexa, yaitu sampel dari seluruh pengguna internet.

Penilaian Alexa Rank

Seperti yang sudah sedikit dijelaskan sebelumnya, Alexa rank memiliki panel data sendiri yang diolah untuk menghasilkan urutan ranking situs-situs yang ada di internet.

Selain itu, Alexa pun memiliki sumber khusus seperti pihak ketiga untuk memperoleh data. Lalu, dari banyaknya jumlah situs yang di-ranking Alexa, ranking berapa hingga berapakah yang dianggap bagus?

Saat ini, tidak ada rentang khusus yang dapat dibilang bagus pada Alexa rank. Namun, yang perlu dilihat adalah angkanya.

Menurut Alexa, nilai yang paling bagus adalah 1. Oleh karena itu, semakin rendah angkanya, berarti sebuah situs ramai dan mudah ditemukan. Nilai di atas 30.000 dianggap sangat tinggi dan kurang baik.

Mengecek Alexa Rank

Untuk mengecek Alexa rank situsmu, hal yang harus dilakukan pertama-tama adalah mengunjungi situs Alexa.

Jangan khawatir, untuk mengetahui peringkat situsmu, tidak diperlukan instalasi apapun, seperti widget maupun extension.

Setelah membuka situs Alexa, kamu tinggal memasukkan domain situs yang ingin dicek ranking-nya. Kemudian, klik tombol Find.

Dalam waktu singkat, informasi detail mengenai situs tersebut dapat langsung ditemukan. Di Alexa rank, data yang dapat dilihat adalah ranking global dan ranking situs web menurut negara yang dipilih.

Kamu bebas bereksplorasi untuk melihat negara-negara yang diinginkan. Namun, jika kamu pengguna gratis, negara yang dapat ditampilkan hanya lima, yaitu yang paling banyak mengakses situs itu.

Tidak hanya itu, Alexa rank juga menyediakan data pengunjung situs tersebut. Akan tetapi, informasi ini hanya dapat diakses pengguna berbayar Alexa. Jangan bersedih, kamu masih bisa melihat informasi lain di Alexa rank, yaitu engagement rate.

Tentunya, situs ini pun menyediakan informasi bounce rate, jumlah halaman yang diakses pengunjung, dan waktu yang dihabiskan mereka di situs yang kamu cari datanya.

Selain itu, masih ada lagi yang bisa dicek di Alexa rank yaitu dari mana orang menemukan akses ke situs tersebut dan keyword apa saja yang mereka gunakan di mesin pencarian hingga menemukan sebuah laman di situsmu.

Bahkan, Alexa rank adalah penyedia informasi tentang situs apa yang diakses pengunjung situs tersebut sebelum dan sesudah berkunjung ke situs webmu.

Sayangnya, ini adalah bagian berbayar lainnya dari Alexa rank. Situs-situs yang memberikan backlink ke situsmu juga dapat dilihat dari Alexa.

Waktu loading atau pemuatan website pun bisa diketahui cukup dengan tool marketing sederhana yang serba bisa ini.

Cara Meningkatkan Alexa Rank

1. Tulis konten berkualitas
Konten merupakan bagian utama dari situs apapun.

Pastikan situsmu tidak mengandung konten yang plagiat.

Selain itu, tentunya konten tersebut harus sesuai dengan aturan SEO agar lebih mudah ditemukan dengan mesin pencarian.

2. Alexa toolbar
Cara untuk meningkatkan peringkat Alexa rank selanjutnya adalah dengan meng-install Alexa toolbar.

Dengan toolbar ini, semua kunjungan ke situsmu akan terhitung dalam peringkat Alexa.

3. Keyword
Keyword adalah hal yang tak kalah penting untuk diingat jika ingin meningkatkan peringkat Alexa rank.

Oleh karena itu, gunakanlah kata kunci yang relevan berdasarkan riset sebelum menyusun konten situs.

Kamu bisa menggunakan Google Ads secara gratis untuk menemukan kata kunci relevan yang bisa membawa pengunjung ke situsmu.

4. Jaringan sosial
Social networking atau mengembangkan jaringan sosial adalah salah satu cara untuk meningkatkan angka pengunjung yang berpengaruh pada Alexa rank.

Delicious dan Newsvine adalah contoh dua situs networking yang bisa kamu gunakan untuk mendapatkan pengunjung.

5. Daftarkan situs ke direktori mesin pencarian
Indeks situs atau blog sangat penting agar situsmu tercatat dan dapat ditampilkan ketika orang mencari kata kunci yang terkait.

Hal ini pun meningkatkan koneksi inbound.

6. Backlink
Backlink yang berkualitas harus dibuat agar mesin pencarian dapat mengetahui otoritas dan kualitas situsmu.

Tentunya, hal ini adalah cara penting untuk meningkatkan nilai dan posisi di Alexa rank.

7. Tingkatkan traffic
Salah satu aspek utama penilaian Alexa rank adalah traffic.

Oleh karena itu, penting untuk meningkatkan traffic situs.

Akan lebih mudah jika situs webmu sudah terindeks pada halaman pertama mesin pencarian.

Oleh sebab itu, wajib untuk berfokus pada perbaikan SEO terlebih dahulu.

 

Pemkot Kendari