Breaking News: Gempa Bumi 3,5 SR Guncang Wilayah Kolut

  • Whatsapp
Kolut
Data grafik gempa bumi oleg BMKG Sultra, Jumat (16/4/2021) Foto. BMKG Sultra
hotel venus kendari

Kolaka Utara –¬†Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mendeteksi terjadinya gempa bumi jenis Tektonik berkekuatan 3,5 Skala Ricther (SR) terjadi di wilayah Kabupaten Kolaka Utara (Kolut), Sulawesi Tenggara.

Dari data BMKG menunjukan, gempa itu terjadi pada Jumat (16/4/2021), sekitar pukul 08.42 Wita. Gempa bumi terdekteksi terjadi di sebelah Tenggara Kecamatan Pakue, Kolut.

Bacaan Lainnya

Gempa bumi terletak pada koordinat 3.23 LS, 121.09 BT, atau tepatnya berlokasi di Darat pada jarak 5.4 km, Tenggara Pakue, Kolut, pada kedalaman 10 km,” ujar Kepala Stasiun Geofisika Kendari, Rudin dalam keterangan persnya yang diterima metrokendari.id

Dalam keterangannya menyebutkan, gempa bumi dangkal yang terjadi di Pakue, Kolut merupakan akibat dari adanya aktivitas sesar lokal.

“Dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempabumi ini dirasakan di wilayah Porehu dan Pakue dengan Skala Intensitas II – III MMI ,” terangnya.

Terkait peristiwa gempa bumi itu, Rudin mengimbau agar masyarakat tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

“Kami juga mengimbau agar menghindar dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yg membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah,” tandasnya.