BI Sultra Edukasi Konsumen Cara Belanja Non Tunai dengan Sistem Qris

  • Whatsapp
BI Sultra
Deputi Kepala Perwakilan Bidang Sistem Pembayaran, Pengelolaan Uang Rupiah Dan Menajemen Intern BI, Surya Alamsyah
hotel venus kendari

Kendari – Bank Indonesia (BI) perwakilan Sulawesi Tenggara (Sultra) edukasi konsumen belanja non tunai menggunakan Quick Response Code Indonesian Standard (Qris) di area Bazar Kuliner Ramadhan di salah satu holtel di Kota Kendari, Senin (03/5/2021).

Deputi Kepala Perwakilan Bidang Sistem Pembayaran, Pengelolaan Uang Rupiah Dan Menajemen Intern BI Sultra, Surya Alamsyah mengatakan kegiatan hari ini merupakan rangkaian edukasi kepada konsumen mengenai Qris yaitu suatu pembayaran yang diinisiasi oleh BI.

Bacaan Lainnya

“Tujuannya adalah untuk mendigitalisasi pembayaran yang di lakukan oleh konsumen,” katanya.

Menurut Surya, Selain edukasi, pihak BI Sultra juga mengajak konsumen untuk bertransaksi. Hingga saat ini di Sultra, BI ditargetkan sampai dengan 2021 sebanyak 69.000 dengan pencapaian lebih dari 60 persen telah menggunakan Qris.

“Jadi 60 persen sudah menggunakan Qris. Banyak teman-teman yang sudah menggunakan Qris in sha allah antusiasme masyarakat itu sangat baik. Cuman memang ada beberapa yang mesti dibiasakan karena ini memang berubahan gaya hidup yang tadinya membayar pake uang tunai, pakai kartu
Sekarang cuman pakai handphone saja,” tuturnya.

Kendati demikian, pihaknya berharap pengguna Qris tidak hanya pelaku UMKM, akan tetapi berbagai pembayaran-pembayaran dapat dilakukan secara digital.

“Seperti pembayaran pajak, mungkin pembayaran PDAM. Nah itu mudah-mudahan semuanya bisa digitalisasi. Ini bisa mendukung dari optimalisasi dari pendapatan pemerintah,” pungkasnya.