BI Sultra Bantu Komoditas Petani Bawang Merah di Kolut Melalui PSBI

  • Whatsapp
BI Sultra
Penyerahan bantuan BI Sultra melalui PSBI di Kolut, pada Kamis (27/5/2021) Dok. BI SUltra
hotel venus kendari

Kolaka UtaraBank Indonesia (BI) Perwakilan Sulawesi Tenggara (Sultra), meresmikan pusat pengembangan komoditas petani bawang merah di Desa Totallang, Kabupaten Kolaka Utara (Kolut), pada Kamis (27/5/2021).

Bupati Kolut, Nur Rahman Umar juga hadir ikut meresmikan komoditas petani bawang merah yang merupakan Program Sosial Bank Indonesia (PSBI).

Bacaan Lainnya

Peresmian itu bagaian tindak lanjut kerja sama Mou BI Sultra dan Pemkab Kolut dalam pengembangan komoditas bawang merah.

Kepala BI Sultra, Bimo Epyanto mengatakan, kerja sama MoU itu digelar untuk mendorong percepatan peningkatan produksi dan peningkatan kapasitas SDM petani.

“Tentunya melalui kerjasama yang telah terjalin selama ini dapat mendorong percepatan peningkatan produksi, peningkatan kapasitas SDM petani & penguatan kelembagaan petani sebagai local champion,” ujar Bimo Epyanto dalam keteranganya yang diterima metrokendari.id

Bimo menerangkan, Bawang merah merupakan salah satu komoditas yang sering menjadi penyumbang inflasi di Sulawesi Tenggara, hal ini terjadi karena produksi dari dalam daerah sangat terbatas.

“Oleh karenanya itu BI Sultra bersama pemkab Kolaka Utara telah menginisiasi penandatangan MoU pada tanggal 19 Desember 2017 untuk pengembangan klaster komoditas bawang merah,” terangnya.

Dia menambahkan, Bawang merah merupakan salah satu komoditas yang sering menjadi penyumbang inflasi di Sultra, hal ini terjadi karena produksi dari dalam daerah sangat terbatas.

“Disamping bantuan teknis, BI Sultra juga menyerahkan secara simbolis bantuan melalui PSBI berupa rumah produksi pupuk dan rumah bibit menggunakan teknologi ozon sebagai bentuk wujud nyata dedikasi untuk negeri,” jelas Bimo.