Babak Penentuan Wakil Bupati Koltim, PDIP Usul 3 Nama Calon

  • Whatsapp
Wakil Bupati Koltim
Wakil Ketua Bidang Politik Hukum dan Keamanan DPD PDIP Sultra, La Ode Muhrim Bay

Kendari – Siapa figur yang akan diusung PDI Perjuangan untuk mengisi jabatan kursi Wakil Bupati Kolaka Timur Koltim),  belum diputuskan.

Semua baru akan diputuskan jika telah melalui pleno penetapan. Hal itu ditegaskan Wakil Ketua Bidang Politik Hukum dan Keamanan DPD PDIP Sultra, La Ode Muhrim Bay.

Bacaan Lainnya

Menurutnya, ada mekanisme yang harus dilalui dimulai dari usulan DPC. Selanjutnya DPD akan melakukan fit and propert test.

“Jadi tidak serta merta langsung ditunjuk wakil. Ada mekanisme. Dan sampai hari ini belum ada calon resmi yang diputuskan,” ujarnya, Jumat (21/5/2021).

Terdapat empat partai pengusung yang memiliki hak untuk mengusulkan Wakil Bupati. Yaitu, PAN, PDI Perjuangan, Demokrat dan Gerindra.

Pria yang akrab disapa Om Ongkang ini menuturkan, calon yang diusulkan harus lebih dari satu nama, sebab akan dilakukan uji kepatutan dan kelayakan.

“Tidak bisa satu nama. Harus dua atau tiga nama ya,” sambungnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, pejabat Wakil Bupati Koltim kini dalam keadaan kosong pasca Hj. Andi Merya Nur, menjabat sebagai Pj Bupati Koltim.

Nama Diana Massi, istri dari Alm. Samsul Bahri Majid (SBM)dikabarkan bakal mendampingi. Meski begitu semua tetap menunggu keputusan final melalui pleno khusus dari partai PDI Perjuangan.

“Jadi ada pengkajian dulu. Lalu akan disampaika. Secara resmi,” tutupnya.

Pemkot Kendari