Atasi Masalah Limbah, Pemkab Kolut Siapkan Mobil Tangki Penyedot Tinja

  • Whatsapp
Mobil Penyedot Tinja
Petugas Dinas PUPR saat melakukan penyedotan tinja di salah satu perkantoran di Kolut, Selasa (21/9/2021) Foto. Istimewa

Kolaka Utara – Pemerintah Kabupaten Kolaka Utara (Kolut), melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), menyiapkan satu unit kendaraan tangki penyedot tinja untuk mengatasi masalah sanitasi lingkungan.

Kepala Dinas PUPR Kolut, Mukramin mengatakan, unit kendaraan tangki penyedot tinja itu disiapkan sebagai bentuk langkah Pemerintah untuk menciptakan sanitasi lingkungan yang bersih.

Bacaan Lainnya

“Penyedotan Tangki septik ini sebenarnya sebagai wujud komitmen pemerintah Kolaka Utara untuk¬† mengatasi dua Faktor permasalahan yaitu air limbah domestik dan persampahan,” ujarnya.

Baca Juga : Dinas PUPR dan Komisi I DPRD Kolut Gerak Cepat Benahi Jalan yang Tertimbun Longsor

Terkait pengadaan mobil penyedot tinja itu, juga merupakan sebagai upaya pemerintah untuk mensosialisasikan warga tidak Buang Air Besar (BAB) disembarang tempat dan membuat jamban yang sehat sesuai standar kesehatan.

“Jadi saat ini Pemkab Kolut sedang mensosialisasikan kepada warga untuk menjaga lingkungan dengan membuat Jamban sehat. Kita juga mengimbau warga khususnya di tengah kota untuk rutin melakukan penyedotan tinja dengan unit mobil penyedot yang saat ini telah kami punya,” ucapnya.

Dia menerangkan, pihaknya saat ini telah membuat sebuah program terkait Percepatan, Pembangunan Sanitasi Pemukiman (PPSP). pada program itu, pihaknya berkolaborasi dengan beberapa pihak terkait dalam bentuk kelompok Kerja (Pokja).

“PPSP ini diisi oleh Pokja yang dari dinas PUPR,BAPPEDA,DINKES,DLH dan Didampingi Balai PUPR Sultra,” kata Mukramin.

Mukramin mengaku, pihaknya saat ini masih terkendala dengan keterbatasan kendaraan tangki penyedot tinja. Sehingga, sasaran pelayanannya sementara difokuskan untuk dalam wilayah perkotaan di Kolut.

“Karena keterbatasan armada hanya ada satu mobil penyedot tangki septik, di fokuskan di daerah perkotaaan. Tetapi tidak menutup kemungkinan jika ada warga di bagian utara dan selatan membutuhkannya tentunya kita bantu juga permasalahan septiknya,” jelasnya.

Pemkot Kendari