HUT RI 2022

5 Manfaat Minyak VCO Wajib Diketahui Untuk Perawatan Kulit

Manfaat Minyak VCO
Minyak VCO
ADVERTISEMENT

METROKENDARI.ID – Minyak Virgin Coconut Oil ( VCO) adalah minyak yang terbuat dari kelapa melalui proses pemerasan dingin (cold pressed). Berbeda dari minyak kelapa biasa, VCO tidak ditambahkan pemutih dan pewangi, sehingga rasa dan baunya lebih ringan.

Manfaat VCO untuk kulit

  1. Melembapkan kulit

Salah satu khasiat utama virgin coconut oil yakni membantu memberikan kelembapan untuk kulit. Ini karena adanya kandungan lemak jenuh yang dapat mencegah hilangnya kadar air melalui pori-pori kulit.

Khasiatnya terbukti pada penelitian yang terbit pada jurnal Dermatitis tahun 2004. Penelitian tersebut membandingkan efek minyak kelapa dan minyak mineral seperti petroleum pada peserta dengan kulit kering ringan hingga sedang.

Setelah dua minggu pemakaian VCO, hasilnya hidrasi kulit meningkat secara signifikan dan khasiatnya sama efektif dengan minyak mineral.

  1. Mengurangi peradangan

Beberapa penyakit kulit seperti penyakit psoriasis, dermatitis kontak, dan eksim kerap menimbulkan gejala berupa ruam kemerahan dan gatal-gatal yang tentunya sangat mengganggu.

Hal ini bisa terjadi karena adanya peradangan pada lapisan kulit. Nah, VCO dapat memberikan manfaat untuk mengurangi peradangan pada kulit berkat sifat anti-inflamasinya.

  1. Berpotensi mengatasi jerawat

Jerawat merupakan kondisi yang terjadi ketika folikel rambut tersumbat oleh minyak, sel kulit mati, dan kotoran. Lambat laun, penyumbatan ini bisa menimbulkan peradangan dan memunculkan bintik-bintik merah dengan bagian putih di tengahnya.

Masih berhubungan dengan sifat anti-peradangannya, virgin coconut oil mampu membantu mengurangi peradangan akibat jerawat.

Meski demikian, pemakaian VCO untuk jerawat belum tentu cocok bagi semua kulit. Konsultasikan dahulu pada dokter spesialis kulit jika ingin menggunakannya untuk mengobati jerawat.

  1. Bantu pemulihan luka
ADVERTISEMENT